Berita

Sosialisasi Masuk PTN, MAN 20 Jakarta Undang Orangtua Siswa Kelas XII

Ahad, 10 Februari 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 20 Jakarta) --- Jelang persiapan masuk PTN, MAN 20 Jakarta menggelar acara Sosialissi Jalur Masuk PTN yang dikoordinatori oleh tim guru BK MAN 20 Jakarta Timur. Pertemuan yang berlangsung kurang lebih 3 jam ini dihadiri oleh para orangtua siswa kelas XII MIPA/IPS di Aula MAN 20 Jakarta, Jumat ( 8/2/2019 ).

Para orangtua siswa kelas XII diundang oleh sekolah mengingat putra/putri mereka dianggap memenuhi syarat dan berhak melakukan pendaftaran SNMPTN  tahun 2019. Berdasarkan informasi BK, terdapat 52 siswa kelas XII yang dinyatakan layak daftar PTN melalui jalur SNMPTN. Kelima puluh dua siswa tersebut terdiri dari 11 siswa kelas XII IPS-1, 11 siswa kelas XII MIPA-2, 11 siswa kelas XII IPS-1, dan 19 siswa kelas XII IPS-2.  

Kepala MAN 20 Jakarta Timur, Aceng Solihin, menghimbau kepada para orangtua siswa kelas XII agar putra/putrinya bisa menempuh studi lanjut di perguruan tinggi negeri (PTN).  “ Terlebih saat ini, Pemda DKI Jakarta sudah menggulirkan fasilitas KJMU ( Kartu Jakarta Mahasiswa Unggulan) untuk mahasiswa kurang mampu namun berambisi kuliah di PTN. Jadi tidak ada alasan untuk tidak kuliah” terang Kepala MAN 20 Jakarta.

Kamad juga berpesan agar menjadi siswa yang unggul dan berprestasi. Bulatkan tekad untuk kuliah di PTN meski di luar Jakarta sekalipun. Saya optimis putra-putri Bapak/Ibu akan sukses menggapai kuliah di PTN kelak.  Selama tidak miskin semangat " tuturnya.

Di kesempatan yang sama, Nanang Kosim menjelaskan prosedur pendaftaran PTN, tanggal tanggal penting daftar PTN dan pemutaran video motivasi. Sekaligus menjelaskan mekanisme masuk PTN yang bisa ditempuh melalui jalur Bidikmisi, SNMPTN, SBMPTN,  SPAN PTKIN, PMDK PN.

Menurutnya, dari sekian ragam jalur masuk PTN hanya jalur SNMPTN lah yang prosedurnya sangat mudah. Pasalnya, melalui jalur ini para siswa kelas XII  hanya cukup mengumpulkan fotokopi nilai rapor dari semester 1 – 6 saja” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa prestasi akademis alumni MAN 20 Jakarta Timur yang diterima masuk PTN kian bertambah setiap tahunnya. “Kami berharap para siswa MAN 20 Jakarta semakin banyak diterima PTN sesuai minat dan bakat mereka. Melalui  sosialisasi ini, diharapkan para orangtua dan siswa kelas XII mendapat informasi akurat mengenai prosedur dan mekanisme masuk jalur PTN ”ujar guru BK ini. ( Firmansyah )

 

 

Terkait