Berita

Seksi Bimas Islam KanKemenag Jaksel Adakan Bimbingan Perkawinan KUA Kecamatan se Jakarta Selatan

Senin, 25 September 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

 

Jakarta (Inmas Jaksel) ---Perkawinan dan keluarga mesti mempunyai tujuan yang sejalan dengan cita-cita jangka panjang ketika menghadap Ilahi di akhirat kelak dan dikelola sesuai dengan status dan amanah yang melekat pada manusia itu sendiri. Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan, Mukhobar, Sabtu (16/9) saat menjadi narasumber Bimbingan Perkawinan KUA Kecamatan se Jakarta Selatan.

 

Keluarga merupakan fondasi penting dalam pembangunan sumber daya manusia,” tutur Mukhobar.

 

Keluarga, menurutnya juga merupakan komponen utama tercapainya pembangunan berkelanjutan yang disusun oleh PBB dan disepakati secara internasional di tahun 2015. Karena itulah keluarga yang kokoh dan tangguh merupakan kebutuhan mendasar Negara” lanjutnya. Hal ini sejalan dengan agenda prioritas pembangunan dalam Nawa Cita, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

 

Lebih lanjut, mantan Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta ini menyatakan bahwa Calon Pengantin (catin) perlu mendapat pengetahuan sebelum berumah tangga. Pengetahuan tersebut antara lain adalah mewujudkan keluarga bahagia, membangun kesadaran bersama, mewujudkan keluarga sehat dan berkualitas, mengatasi berbagai konflik keluarga, memperkokoh komitmen, serta berbagai keterampilan hidup (lifeskills) untuk menghadapi berbagai tantangan kehidupan global yang semakin berat.

 

Program Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin adalah wujud nyata kesungguhan Kementerian Agama dalam memastikan pembangunan bangsa melalui keharmonisan perkawinan yang ideal.

 

Untuk itu Seksi Bimas Islam Kantor kementerian Agama Kota Jakarta Selatan mengadakan Bimbingan Perkawinan KUA Kecamatan se Jakarta Selatan Tahun 2017. Setiap KUA diikuti oleh 25 pasang calon pengantin. KUA Jagakarsa, KUA Pasar Minggu, KUA Cilandak, KUA Kebayoran Baru pada tanggal 16-17 September 2017 ; KUA Setiabudi, KUA Mampang Prapatan, KUA Tebet, KUA Pancoran pada tanggal 23-24 September 2017; KUA Kebayoran Lama dan KUA Pesanggrahan pada tanggal 30 September-1 Oktober 2017.

 

Narasumber adalah Kepala KanKemenag Jaksel H. Mukhobar, Kasubbag TU H. Zulkarnain, Kasi Bimas Islam H. Nasrudin, para Kepala KUA, para penyuluh dan Kepala Puskesmas.

 

Materi yang digelar adalah Pre-test dan Perkenalan, Mempersiapkan perkawinan kokoh menuju keluarga sakinah; Mengelola dinamika perkawinan dan keluarga, Memenuhi kebutuhan keluarga; Menjaga kesehatan reproduksi keluarga, Menyiapkan generasi berkualitas; Mengelola konflik dan membangun ketahanan keluarga, Post-test dan evaluasi kegiatan. (RS / ilm / ilm)

  • Tags:  

Terkait