Berita

Rapat Kerja Nasional Unit Pengumpul Zakat BAZNAS 2018

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Penais, Zawa) – – Kepala Bidang Penais, Zakat dan Wakaf selaku Ketua UPZ BAZNAS Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta H.M.Sholahi ikuti Rapat Kerja Nasional Unit Pengumpul Zakat BAZNAS 2018.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA. Dan dilaksanakan di Hotel Lumire, Jakarta Pusat pada tanggal 24 – 25 Oktober 2018.

Dalam sambutannya Bambang menyampaikan bahwa BAZNAS telah meraih penghargaan “Islamic Finance Award” dan mentargetkan pada Tahun 2024 menjadikan Negara Indonesia sebagai Pusat Ekonomi Syariah.

Selain itu, Ketua BAZNAS juga menyampaikan berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dan Instruksi Presiden No. 3 Tahun 2014 tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat Di Kementerian/Lembaga Melalui Badan Amil Zakat Nasional maka perlu penguatan Unit Pengumpul Zakat.

Tahun 2018 ini Mabes TNI Cilangkap yang berpangkat Mayor ke atas sudah mengeluarkan Zakat 2,5% dan dapat mengumpulkan hingga Rp. 3 Milyar.

Sedangkan UPZ Baznas Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta dalam menghimpun ZIS Karyawan/i PNS/ASN per Tahun 2017 mencapai Rp. 2,3 Milyar dan mendayagunakan ZIS tersebut sesuai RKT (Rencana Kegiatan Tahunan).

Dalam kesempatan ini, Sholahi juga didampingi H. Nyak Din selaku Sekretaris dan Hj. Nurdiana selaku Bendahara. -- fr/adi

Terkait