Berita

Praktik Lapangan Ekstrakurikuler Penerbangan MTs Jakarta Pusat di Pusdirga

Rabu, 11 April 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Kepala MTs Jakarta Pusat, Ade Tadjudin, M.Pd mendampingi siswa saat Praktik Lapangan kegiatan ekstrakurikuler penerbangan di Pusdirga Cibubur, pada Sabtu (07/04). Kegiatan dilaksanakan setiap tiga minggu sekali ini merupakan kegiatan unggulan MTs Jakarta Pusat yang berdiri sejak 1970.

 

Kegiatan ekstrakurikuler menjadi Misi MTs Jakarta Pusat guna mengembangkan bakat dan minat siswa melalui kegiatan pengembangan diri dalam mencapai Visi terciptanya generasi yang unggul, berprestasi, memiliki lifeskill dan berkepribadian islami.

 

Ekstrakurikuler adalah kegiatan non pelajaran formal yang dilakukan peserta didik di luar jam belajar. Dalam melaksanakan dan mengelola kegiatan ekstrakurikuler pada satuan pendidikan harus memperhatikan prinsip partisipasi aktif dan menyenangkan. Partisipasi aktif maksudnya menuntut keikutsertaan peserta didik secara penuh namun tanpa ada pemaksaan. Menyenangkan maksudnya peserta didik yang ikut didalamnya merasa gembira untuk berpartisipasi aktif.   

  

Ekstrakurikuler penerbangan (aero modeling) adalah kegiatan yang mempergunakan sarana miniatur (model) pesawat terbang untuk tujuan rekreasi, edukasi dan olahraga. Peminat kegiatan ini dapat menetukan jenis penerbangan model yang bermotor atau tidak, terkendali atau tidak, menggunakan radio control atau control line disesuaikan dengan sarana dan prasarana.

 

Pesawat yang digunakan sesuai dengan peminatan, berupa Pesawat Free Flight (F/F), yakni terbang tanpa kontrol eksternal dari tanah. Berikutnya, Pesawat Control Line (C/L), yakni menggunakan kontrol kabel (biasanya dua macam) terkemuka dari sayap yang satu ke controller. Sebuah variasi dari sistem ini adalah model round-the-tiang terbang (RTP). Terakhir adalah Pesawat Radio Control, yakni pesawat yang memiliki pemancar dan dioperasikan oleh controller.

 

“Semoga minat siswa ini dapat bermanfaat mewujudkan kemandirian,” harap Kepala MTs Jakarta Pusat. Beliau juga berharap agar para siswanya dapat terus melanjutkan pendidikan hingga tingkat yang tertinggi serta tidak timbul rasa jenuh belajar sebab belajar itu menyenangkan. /j15

  • Tags:  

Terkait