Berita

Peserta Didik MTsN 32 Jakarta Ikuti Pelatihan Budi Daya Tanaman di Pondok Pesantren Jabal Toriq Tasikmalaya.

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Tasikmalaya (Humas MTsN 32 Jakarta) - Sejumlah 180 peserta didik MTsN 32 Jakarta sangat antusias saat ikuti pelatihan budi daya tanaman di areal perkebunan Pondok Pesantren Jabal Toriq, Tasikmalaya, Selasa, 24 Desember 2019.

"Ini adalah rangkaian dari kegiatan MTsN 32 Jakarta Goes To Pesantren yang diselenggarakan pada tanggal 22-28 Desember 2019 di pondok pesantren ini," Ujar ketua pelaksana, Saniah.

"Kami memiliki lahan yang sangat luas untuk budi daya berbagai tanaman berupa sayur mayur dan buah-buahan, termasuk stroberi," Ujar ketua yayasan, Yasin Husaini.

Pada kesempatan ini, peserta outingclass MTsN 32 Jakarta mengikuti pelatihan budi daya tanaman jenis selada bokor dan pakchoy.

"Kedua jenis tanaman ini sangat cocok di iklim perbukitan. Kami perkenalkan cara memilih bibit dan penyemaian benih," ujar Dede, ketua pembimbing.

Menurut Adam, salah satu peserta mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk dirinya sebagai motivasi untuk berwirausaha kelak.

"Seneng banget, bisa belajar budi daya tanaman gini. Mudah-mudahan nanti bisa jadi pengusaha tanaman dan membuka peluang usaha untuk lingkungan sekitarnya," katanya.

Dilaporkan, selain mengikuti kegiatan ini, peserta outingclass pondok pesantren MTsN 32 Jakarta juga mengikuti kegiatan pembelajaran khas pondok berupa praktik ibadah, berwisata di Puncak Walen, outbound, dan pentas seni. /Yyt

Terkait