Berita

PERINGATI HARI PANCASILA, GURU DAN KARYAWAN MTS N 39 JAKARTA KOMPAK IKUTI APEL UPACARA

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTs N 39) --- Hari ini, Sabtu tanggal 1 Juni 2019 adalah hari lahir Pancasila, dasar negara Republik Indonesia. Guru dan karyawan MTs N 39 mengikuti apel upacara dengan penuh khidmat dan semangat. Walaupun jatuh di hari libur dan apalagi sudah mendekati hari lebaran idul fitri, dimana banyak dari guru yang tengah mudik lebaran, namun tidak mengurangi semangat mereka mengikuti upacara hari lahir pancasila.

Para guru dan karyawan yang tengah tersebar di berbagai tempat tetap mengikuti apel upacara hari pancasila dimana mereka berada. Hal ini tentu bukan untuk membanggakan diri namun semata penghormatan terhadap Pancasila sebagai dasar dan idiologi negara yang menjadi pengikat, perekat, penerang dan penuntun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bangsa Indonesia.

Sebagian guru dan karyawan MTs N 39 ada yang mengikuti apel upacara di Kemenag Utara, Kemenag Timur, Kemenag Pusat, juga di kampung halaman. Bahkan juga ada yang di tengah perjalanan mudik ke kampung halaman. Mereka sengaja singgah mencari sekolah atau satker dimana ada pelaksanaan apel upacara. Tentu hal yang patut dibanggakan.

Dalam pemahaman guru dan karyawan atau civitas akademik MTs N 39, memang apel upacara bukanlah hal yang paing utama, sebab upacara hanyalah sekedar seremoni untuk mengingatkan saja pentingnya nilai Pancasila. Tetapi yang paling utama adalah bagaimana mengamalkan pancasila dalam segala aspek kehidupan bangsa Indonesia, di mana MTs N 39 hanyalah bagian kecil darinya.

Menurut Taryono, Wakabid Kesiswaan MTs N 39, yang kebetulan mengikuti apel upacara di Kemenag Timur, “Menjadikan diri setiap individu sebagai bagian dari keluarga Indonesia yang besar dan  berkomitmen mengamalkan Pancasila merupakan penerjemahan dari semboyah bulan pancasila 2019, yaitu KAMI INDONESIA, KAMI PANCASILA.

"Semoga pemahaman kami civitas MTs N 39 dalam memaknai hari Pancasila ini bisa memberikan kontribusi kemajuan bangsa Indonesia," ujarnya. /AR

Terkait