Berita

Peringatan Hari Guru Nasional, Menag : Berikan Welas Asih Dan Kasih Sayang Pada Siswa

Sabtu, 25 November 2023
blog

Jakarta (Humas) --- Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas memberikan apresiasi pada seluruh guru Indonesia yang telah memberikan semangat mengajar yang penuh welas asih dan kasih sayang pada peserta didik.

 

Hal ini disampaikan saat Peringatan Hari Guru Nasional 2023 yang mengusung tema, Guru Pembelajar, Bahagia Mengajar.

 

“Pendidikan sejati yang membebaskan dan membentuk manusia yang berpengetahuan, berkepribadian, kreatif dan berakhlaqul karimah,” ujarnya di Halaman Kantor Kemenag RI, Sabtu (25/11).

 

Sesuai tema Hadi Guru Nasional tahun 2023, Kementerian Agama telah dan akan terus mengambil langkah signifikan demi peningkatan kompetensi guru melalui program digital literacy, digitalisasi madrasah dan bantuan pembelajaran digital. Serta memberikan afirmasi bagi peningkatan kesejahteraan guru.

 

“Guru memegang peran penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran, asessmen komprehensif, penjaminan mutu dan tata kelola madrasah,” imbuhnya dihadapa ratusan peserta upacara.

 

“Pendidikan juga memiliki kapasitas untuk mentransformasi anak didik menjadi manusia yang tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas, tetapi juga berkepribadian yang kuat, kreativitas yang berkembang dan moralitas yang terpuji,” tambahnya.

 

Menurut filosofi dari Bapak Guru Indonesia, Ki Hajar Dewantara bahwa Guru adalah mereka yang terus memberikan keteladanan di depan, menciptakan prakarsa dalam kebersamaan dan memotivasi untuk terus berprestasi.

 

“Guru lah suluh bangsa yang menjadi penerang dan sosol yang mencerahkan setiap generasi, mengantarkan kebangkitan dan kemajuan bangsa,” pungkasnya.

  • Tags:  

Terkait