Berita

Penyuluhan Tuberkolosis Paru di MIN 9 Jakarta Selatan

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MIN 9 Jakarta) --- Madrasah Ibtidaiyah Negeri 9 Jakarta adakan upacara bendera yang rutin dilaksanakan. Kali ini petugas kesehatan puskesmas petukangan selatan adakan penyuluhan kesehatan tentang Tuberkolosis (TB) paru.

Bidan Sukaesih menyampaikan bahwa, Tuberkolosis paru atau dikenal dengan TB Paru  adalah penyakit paru-paru akibat kuman Mycobacterium tuberculosis. Gejalanya adalah batuk yang berlangsung lama (lebih dari 2 minggu), biasanya berdahak, dan terkadang mengeluarkan darah. Kuman TBC tidak hanya menyerang paru-paru, tetapi juga bisa menyerang tulang, usus, atau kelenjar. Penularannya dari percikan ludah yang keluar dari penderita TB atau ketika berbicara, batuk, atau bersin.

“Maka lakukanlah TOSS, Temukan Obati Sampai Sembuh. Penyakit ini sangat berbahaya karena di Indonesia merupakan penyebab kematian no.3. Dari  1000 penduduk Indonesia, 1-2 diantaranya menderita tuberculosis paru menular," ujarnya.

Aisyah berharap penyuluhan ini dapat memberikan informasi baru tentang kesehatan paru-paru dan anak-anak didik kita memahami pentingnya menjaga kesehatan, terutama kesehatan paru-paru” kata pembina UKS MIN 9 Jakarta Selatan. (Saripah/PIC/MIN9)

Terkait