Berita

Penyuluhan Pengelolaan dan Pemilahan Sampah bagi Siswa MIN 9 Jakarta

Selasa, 29 Agustus 2023
blog

Jakarta (Humas MIN 9) --- Dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih, nyaman dan indah dari pengaruh sampah di sekolah maka perlu diperkenalkan bagi siswa sejak dini. Oleh karena itu di MIN 9, pada hari Rabu, 23  Agustus 2023, MIN 9 bekerjasama dengan Akademi Kompos (AKOM) telah melaksanakan kegiatan penyuluhan pengelolaan dan pemilahan sampah bqgi peserta didik kelas 1 - kelas 6, para penjual di kantin MIN 9, serta para korlas. Kegiatan tersebut di buka oleh Kepala Madrasah MIN 9 yakni : Bpk. H. Muhimin, S.Ag, dan sambutan oleh ketua panitia, yakni Ibu Saripah, M. Pd.  Pemaparan Penyuluhan pengelolaan dan pemilahan sampah  disampaikan oleh Direktur AKOM, yakni Ibu Hj. Tamy dan Ibu Hj. Popi  serta didampingi Mbak Riana.

Kegiatan penyuluhan di adakan menjadi 2 sesion, yaitu :

Sesion 1,  pukul 08.00 - 09.15 WIB, untuk  peserta didik kelas 1 - 3.

Sesion 2, Pukul 09.40 - 11. 20 WIB, untuk peserta didik kelas 4 - 6 .

Penyuluhan pertama disampaikan Ibu Hj. Tamy, melalui tayangan video  mengenai jenis-jenis sampah yang ada di lingkungan sekitar kita yang harus di ketahui ada 4 jenis, yakni :

A. Sampah Organik

Sampah yang bisa di uraikan secara alami oleh lingkungan. Contohnya : daun kering, sisa makanan, kulit buah, ranting pohon, koran, kertas, dll

B. Sampah non organik

Sampah yang sulit diuraikan secara alami hingga membutuhkan waktu yang lama, contohnya : plastik, botol plastik, kaleng, botol beling, dll

C. Sampah B3

Sampah yang berasal bahan kimia berbahaya dan beracun. Contohnya, : baterei, kabel, botol pembasmi serangga, dll

D. Sampah Residu

Sampah yang penguraiannya tidak tentu. Contohnya : bekas popok, bekas pembalut, puntung rokok, permen karet, dll

Penyuluhan kedua disampaikan oleh Ibu Hj. Popi, dalam hal ini beliau meminta 5 siswa dari tiap kelas yang sudah membawa sampah dari rumah untuk melakukan  praktik memilah sampah berdasarkan jenisnya.

Dalam kegiatan tersebut diselingi kuis untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami jenis jenis sampah dan berapa tahun sampah bisa terurai betdasarkan jenis jenis sampah.

  • Tags:  

Terkait