Berita

Pemkot Jakarta Barat Sosialisasi Program Gemarikan Di MIN 7 Jakarta Barat

Jumat, 30 Agustus 2024
blog

Kebiasaan mengonsumsi ikan dapat menjadikan anak tumbuh sehat, kuat dan cerdas.

Sebanyak 499 peserta didik MIN 7 Jakarta berkumpul di lapangan madrasah, Rabu (21/8) pagi. Mereka sarapan bersama dengan menu nasi, sayur, sosis ikan, buah, susu dan air putih yang dikemas dalam kegiatan sosialisasi gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan).

Dengan menggenakan seragam olah raga, para murid madrasah tingkat ibtidaiyah tersebut mendapatkan sosialisasi dari Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, tentang manfaat makan ikan bagi kesehatan dan kecerdasan.

Kedatangan Ketua TP PKK, Lisniawati Uus, beserta rombongan disambut dengan palang pintu dan tarian selamat datang (tari kipas)  dari peserta didik MIN 7 Jakarta, sedangkan pembacaan ayat suci al-Qur’an mengawali acara seremonial pagi itu yang juga dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Jakarta Barat, H. Uang yang didampingi oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Khairani.

Mewakili Wali Kota Jakbar, Uus Kuswanto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Imron Sjahrin mengatakan bahwa sosialisasi Gemarikan di MIN 7 Jakarta Barat diinisiasi Sudis KPKP Jakarta Barat, TP PKK bekerjasama dengan Kantor Kementrian Jakarta Barat dengan melibatkan sebanyak 499 siswa.

Kepala Sudis KPKP Jakarta Barat, Novy C. Palit mengatakan program Gemarikan di MIN 7 Jakarta diberikan pada 499 siswa dari kelas 1 (satu) sampai kelas 6 (enam), Setiap murid masing-masing mendapatkan goody bag berisi ikan bandeng presto dan fish karage yang merupakan makanan olahan ikan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementrian agama Jakarta Barat, H. Uang mengapresiasi kepada pemkot Jakarta Barat yang telah mengampanyekan Gemarikan di MIN 7 Jakarta Barat. Dalam sambutan yang sama, ia berharap anak-anak suka suka memakan ikan, Kebiasaan makan ikan akan mencegah kasus resiko stunting.

Kepala MIN 7 Jakarta, Mar’ih HM mengatakan kegiatan Gemarikan ini bertujuan untuk mengedukasi siswa dan orang tua agar membiasakan memakan ikan, dalam rangka pemenuhan gizi bagi peserta didik agar tumbuh sehat, kuat dan cerdas.  ”kegiatan ini menunjukkan MIN 7 Jakarta mendapatkan perhatian dari pemerintah Kota Jakarta Barat, apalagi pelaksanaan kegiatan di MIN 7 Jakarta adalah pertama untuk tingkat MI di jakarta Barat,” ujar Haji Mar’ih.

Dalam rangakain Kegiatan yang sama, Turut Hadir Kepala Balai Besar POM DKI Jakarta, yang diwakili Ketua Tim Kelompok Subtansi Infromasi dan Komunikasi BBPOM di Jakarta, Evi Citra Prianta melakukan sampling PJAS di MIN 7 Jakarta dengan hasil bebas dari formalin, boraks, rhodamin B, dan Methanil Yellow.

Terkait