Berita

Pemilihan Ketua Osis & MPK Ajang Belajar Berdemokrasi di MAN 5 Jakarta Utara

Jumat, 11 Oktober 2024
blog

Pemilihan OSIS & MPK

Jakarta (Humas MAN 5 Jakarta Utara) – MAN 5 Jakarta Utara menggelar pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) periode 2024-2025. Kegiatan ini menjadi ajang para siswa untuk belajar berdemokrasi, Kamis (10/10/2024).

Layaknya pemilihan umum, atribut pendukung pemilu seperti daftar hadir, bilik suara (4 buah), kotak suara, papan penghitungan, surat suara, petugas pemilu, dan tinta lengkap tersedia.

Sebelumnya, panitia pemilihan sudah melakukan agenda kampanye 3 paslon pengurus OSIS dan 4 pengurus MPK periode 2024 – 2025. Tentu saja, ketiga paslon OSIS dan keempat calon MPK merupakan representasi siswa-siswa terbaik di kelasnya dengan rekam jejak prestasi akademis dan ekskul yang baik.

Mereka siap bertanding untuk menempati jabatan prestisius, Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS masa bakti 2024-2025. Adapun nama-nama paslon ketua dan wakil OSIS tersebut antara lain Danish Fiqhi Arrazy dan Nayla Meuthia (paslon1), Didan Abid Ikhsani dan Feby Maharani (paslon 2), Mufti Harun dan Gusti Nadya (paslon 3). Sementara paslon ketua MPK antara lain Ahmad Fajar Nugroho (nomor urut 1), Maulidiana Putri (nomor urut 2), Nazwa Kirana (nomor urut 3) dan Ananda Arta Dana (nomor urut 4).

Masing-masing Calon diberi waktu untuk menyampaikan visi, misi dan programnya di depan anggota OSIS, dan Bapak/Ibu guru, sebagaimana tahapan Kampanye dalam Pemilu dan menjawab pertanyaan wajib dengan cara diundi yang dipandu oleh moderator. Selanjutnya, peserta dapat mengajukan pertanyaan kepada Calon. Program dan pertanyaan, berisi seputar bagaimana organisasi ini mampu menjadi wakil dan wadah aspirasi siswa guna mendukung pengembangan program sekolah.

West Al Qorni, selaku Ketua Panitia menjelaskan jumlah partisipan pemilih adalah sebanyak 582 pemilih. Jumlah ini sebanding dengan jumlah surat suara yang tersedia. Rincian data jumlah pemilih diperoleh dari 532 pemilih siswa (kelas X - XII) dan sisanya 50 pemilih guru dan staf karyawan. Di awal sambutannya, ia menyampaikan ungkapan terimakasih atas dukungan Kepala MAN 5 Jakarta Utara dan segenap panitia atas kerjasama dan dedikasinya untuk menyukseskan kegiatan ini.

“Siapapun paslon yang terpilih, kita wajib mendukung mereka secara penuh. Yang jelas, figur Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS tahun ini harus lebih aktif dan kreatif dibandingkan pengurus OSIS tahun sebelumnya. Kami percaya mereka bisa mengemban amanah ini dengan penuh tanggungjawab” imbuhnya.

Kepala MAN 5 Jakarta Utara, Ade Kurnia, mengapresiasi pemilihan OSIS dan MPK masa bakti 2024-2025 sebagai ajang pendidikan berdemokrasi yang sehat. Menurutnya, OSIS adalah satu satunya organisiasi resmi yang ada di sekolah. Dengan menyandang predikat prestisius ini, maka pengurus OSIS dan MPK harus bisa menjadi role model bagi organisasi ekskul – ekskul lainnya dalam hal tata organisasi dan manajeman keorganisasian.

“Buat para paslon yang terpilih, jalankan roda organisasi OSIS dan MPK dengan penuh tanggungjawab. Jadilah pribadi yang berkarakter ( akhlakul karimah) mewujudkan MAN 5 Jakarta Utara maju, nasionalis, taqwa dan prestasi (MANTAP). Buatlah target agar setiap program- kerja yang dirancang dapat dirasakan dampaknya oleh semua warga sekolah” tegasnya.

Berdasarkan hasil perhitungan suara yang dilakukan oleh panita, maka munculah nama-nama kandidat Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS dengan perolehan suara sebagai berikut. Paslon 1; Danish dan Nayla meraup 158 suara. Paslon 2; Didan dan Feby meraup 145 suara. Paslon 3; Mufti dan Gusti meraup 209 suara. Sementara penghitungan untuk ketua MPK, Ahmad Fajar mendapat 50 suara, Maulidiana mendapat 28 suara, Nazwa mendapat 7 suara, dan Dana mendapat 18 suara. (ER)

  • Tags:  

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor