Berita

Pancasila, Pilar Kebhinekaan dan Kekuatan Bangsa Indonesia

Sabtu, 1 Juni 2024
blog

Jakarta (Humas Kemenag DKI) --- Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta menyampaikan bahwa keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

 

“Di dalam Pancasila terkandung nilai – nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong,” ujar Cecep Khairul Anwar saat membacakan pidato Kepala BPIP upacara peringatan hari Lahir Pancasila.

 

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, Kakanwil mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

“Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” ungkapnya.

 

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema, Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.

 

“Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” imbuhnya.

 

Kakanwil berharap, peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

 

“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” pungkasnya.

  • Tags:  

Terkait