Berita

Optimalisasi Pemanfaatan TIK Pada KUA

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (InmasJP) --- Kepala Kankemenag Kota Jakarta Pusat H. Mukhobar memberikan arahan kepada para Kepala KUA, Penghulu dan operator SIMKAH di KUA Tanah Abang, Kamis (12/12).

Kegiatan ini dalam rangka pembinaan Optimalisasi Pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) pada KUA-KUA di lingkungan Kankemenag Kota Jakarta Pusat mulai tahun 2020 nanti.

“Banyak aplikasi yang telah digunakan di KUA seperti SIMKAH, SIMAS, SIMPONI dan sebagainya,” ujar mantan Penghulu ini.

Beliau menambahkan, bahwa pemanfaatan aplikasi-aplikasi tersebut terkendala dengan kuantitas dan kualitas SDM di KUA-KUA. Saat ini SDM di KUA mayoritas lulusan SMA/MA sederajat dan lemah dalam pemanfaatan TIK.

Sedangkan Kepala KUA Johar Aziz berharap dapat memulai tugasnya dengan didukung oleh kuantitas dan kualitas SDM serta sarana prasarana yang memadai.

“Teknologi yang sudah ada ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya,” pinta H. Mukhobar yang berharap sarana prasarana yang ada supaya dirawat. Minggu lalu, telah dilakukan serah terima sarana prasarana berupa komputer, printer, AC dan lain-lain pada KUA.

“Tujuan kita bekerja ialah memberikan pelayanan yang efisien, efektif, dan akuntabel,” ucapnya yang menegaskan bahwa kondisi itu dapat tercapai dengan pemanfaatan TIK secara optimal. /j15

Terkait