Berita
MTsN 29 Jakarta

MTsN 29 Jakarta Timur Sukses Gelar MATSAMA 2025, Tanamkan Nilai Karakter Sejak Hari Pertama

blog

MTsN 29 Jakarta

Jakarta (Humas MTsN 29 Jakarta Timur) — MTs Negeri 29 Jakarta Timur sukses melaksanakan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun 2025 yang berlangsung selama empat hari, mulai Senin hingga Kamis (14–16/07/2025). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik baru kelas VII Tahun Ajaran 2025/2026 sebagai ajang pengenalan lingkungan madrasah.

 

Selama MATSAMA, peserta mendapatkan berbagai materi yang bertujuan membentuk karakter, menumbuhkan kedisiplinan, serta menanamkan kecintaan terhadap madrasah. Agenda kegiatan mencakup pengenalan visi dan misi madrasah, tur keliling lingkungan sekolah, demonstrasi ekstrakurikuler, dan placement test untuk pemetaan minat dan bakat siswa.

 

Sebagai penutup rangkaian kegiatan, MATSAMA 2025 ditutup dengan penanaman pohon secara serentak oleh seluruh peserta didik baru. Kegiatan ini juga diikuti oleh pengawas madrasah, kepala madrasah, guru, serta tenaga kependidikan (GTK) MTsN 29 Jakarta Timur, sebagai bentuk simbolis kepedulian terhadap lingkungan hidup.

 

Kepala MTsN 29 Jakarta Timur, Syamsudin, menyampaikan apresiasi atas partisipasi aktif seluruh panitia dan peserta dalam kegiatan tersebut. Ia menekankan bahwa penanaman pohon merupakan wujud nyata dari penanaman nilai-nilai karakter sejak awal siswa masuk madrasah.

 

“Penanaman pohon ini merupakan simbol bahwa setiap siswa adalah tunas yang akan tumbuh, berkembang, dan memberikan manfaat bagi sekitarnya, sebagaimana pohon yang ditanam hari ini,” ujar Syamsudin, Rabu (16/07/2025).

 

Melalui semangat Madrasah JUARA (Jujur, Unggul, Adaptif, Religius, dan Asertif), MTsN 29 Jakarta Timur berkomitmen untuk tidak hanya mengembangkan aspek akademik, tetapi juga membentuk karakter dan kepedulian sosial siswa sejak hari pertama mereka menjadi bagian dari madrasah.

 

Terkait

Menu Aksesibilitas

Mode Suara

Ukuran Teks

Monokrom

Tandai Tautan

Tebalkan Huruf

Perbesar Kursor