Berita

Modernisasi Layanan Pendidikan, MAN 16 Jakarta adakan Penilaian Akhir Tahun Berbasis Online

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 16 Jakarta) --- Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) secara online merupakan kali kedua terselenggara di MAN 16 Jakarta.

Yeyet Rustini selaku Wakil Bidang kurikulum mengatakan, Pada dasarnya tujuan utama mengkonversi yang manual ke dalam sistem berbasis komputer adalah untuk efektivitas dan efisiensi. Meskipun pada kenyataannya selalu ada tantangan untuk berpindah dan memulai komputasi tersebut.

“Proses distribusi soal PAT online ialah melalui upload soal dari template yang sudah dibuat oleh guru masing-masing bidang study  ke komputer server utama yang ada di madrasah," ujarnya.

“Kemudian data yang ada di server didistribusikan ke klien menggunakan jaringan wireless yang sudah di siapkan. Peserta akan memulai dengan login menggunakan identitas yang sudah diberikan," lanjutnya.

Menurut H. Bunyamin, ketua pelaksana PAT 2018/2019, Dalam PAT online kali ini diikuti oleh semua siswa kelas X dan XI berjumlah 426 siswa yang terbagi menjadi 11 ruang ujian.

“Alhamdulillah ujian berjalan cukup lancar, kendala bisa di minimalisir, setelah sebelumnya kami mengadakan simulasi, sebelum  hari pertama penilaian berlangsung, yaitu waktu log in saja pas diawal pelaksanaan tetapi sudah teratasi dengan baik," Jelasnya.

Sedangkan salah satu siswa Adinda, Ia merasa senang dan semangat dalam mengerjakan soal tersebut, karena cepat dan mudah.

“Cepat dan mudah karena tidak usah urek-urek di kertas. Tinggal klik," ujar siswa kelas 10 Agama, saat mengikuti PAT secara online ini.

Terkait