Berita

MIN 7 Jakarta Jadi Tuan Rumah Gebyar Muharram 1439H MI Se-Kecamatan Cengkareng

Rabu, 15 November 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MIN 7 Jakarta) --- Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) dan Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKGMI) Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat menyelenggarakan Gebyar Muharram 1439 H. Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Jakarta Barat bertindak sebagai tuan rumah kegiatan tersebut.

 

“Tujuan diadakannya Gebyar Muharram ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan bidang keagamaan di satuan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah,” ujar Ketua Pelaksana Kegiatan, Ridwan di Jakarta, Sabtu (11/11).

 

Kegiatan ini menurut Ridwan juga merupakan bentuk partisipasi madrasah ibtidaiyah dalam membentuk generasi rabbani yang memiliki nilai –nilai Al Qur’an dalam kehidupan sehari – hari. “Menjadikan madrasah yang lebih baik dan lebih baik madrasah,” kata Ridwan dalam sambutannya saat pembukaan acara di halaman MIN 7 Jakarta Barat.

 

Senada dengan ketua pelaksana, Ketua KKMI Kecamatan Cengkareng , Marjuki, mengatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini merupakan ajang silaturahim. “Ini jadi wadah silaturahim di antara guru – guru madrasah ibtidaiyah yang ada di wilayah kecamatan Cengkareng dan dalam rangka memperkuat dan menjadikan madrasah lebih maju,” kata Marjuki.

 

Gebyar Muharram 1439 H se-Kecamatan Cengkareng tersebut, diisi dengan gelaran berbagai macam lomba. Mata lomba yang diujikan adalah Lomba Tartil Al Qur’an, Lomba Hafalan Al Qur’an, Lomba Shalawat Asmaul Husna, lomba Risalah Nabi, Lomba Adzan, Lomba Binaussholat, Lomba Kaligrafi, Lomba Yel – Yel  dan Lomba Cerdas Cermat Keagaamaan.

 

Kegiatan ini diikuti oleh Madrasah Ibtidaiyah yang ada di lingkungan Kecamatan Cengkareng dengan jumlah 25 Madrasah yang terdiri dari satu Madrasah Ibtidaiyah Negeri yaitu MIN 7 Jakarta Barat dan 24 Madrasah Ibtidaiyah Swasta. Tercatat, sekitar 783 peserta dengan  243 orang pendamping dari seluruh Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Cengkareng ikut menyemarakkan Gebyar Muharram 1439 H.

 

Acara ini di mulai pukul. 07.30 dengan penampilan Marching Band dari Madrsasah Ibtidaiyah Al Jairy dengan membawakan lagu – lagu nasional dan lagu daerah. Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Madrasah oleh semua undangan dan  peserta  lomba.

 

Acara Pembukaan ini diakhiri dengan do’a penutup tepat pukul 08.30 dan dilanjutkan dengan dimulainya beragam lomba. Lomba Binaus Sholat menempati ruang musholla Nurul Ilmi Min 7 Jakarta Barat, lomba Yel – yel dan Lomba Cerdas Cermat menempati Halaman MIN 7 Jakarta Barat dan lomba yang lain berada di dalam ruang kelas.

 

“ Rasanya ga bisa diungkapkan ketika lomba dimulai, deg – degan dan khawatir salah bacaannya” ujar Fatmawati  salah seorang peserta lomba Binaus Sholat dari MIN 7 Jakarta Barat ketika diwawancarai.

 

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya  H. Aminulloh, M.Pd. Kasie Penmad Kotamadya Jakarta Barat, Budi Setiawan Ketua Pokjawas Jakarta Barat, Pengawas – Pengawas  KKMI Jakarta Barat, Ahmad Basahil Kepala MIN 7 Jakarta Barat dan Kepala – Kepala Madrasah Ibtidaiyah Swasta se Kecamatan Cengkareng. /rw/ilm/ilm

 

 

 

  • Tags:  

Terkait