Jakarta (Humas MIN 17 Kepulauan Seribu) – Suasana semangat dan kebersamaan tampak jelas di halaman MIN 17 Kepulauan Seribu pada Jumat pagi (16/5/2025), saat seluruh siswa dan GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) mengikuti kegiatan senam bersama. Kegiatan ini menjadi agenda rutin setiap pekan dalam rangka menjaga kesehatan dan mempererat kekompakan di lingkungan sekolah.
Senam bersama yang dimulai sejak pukul 06.30 WIB itu diikuti oleh seluruh siswa dari kelas satu hingga kelas enam, serta para guru dan tenaga kependidikan. Mereka tampak antusias mengikuti gerakan demi gerakan senam yang dipandu oleh guru olahraga di tengah suasana alam yang asri dan rindang.
Koordinator Kesiswaan MIN 17 Kepulauan Seribu, Sulha menyampaikan bahwa kegiatan senam Jumat pagi ini merupakan bagian dari upaya sekolah dalam menanamkan pola hidup sehat sejak dini. “Kami ingin membangun budaya hidup sehat dan semangat kebersamaan di antara warga sekolah,” ujarnya.
Setelah senam selesai, kegiatan dilanjutkan dengan sarapan bersama di area yang telah disiapkan. Siswa membawa bekal masing-masing dari rumah, dan ada pula guru yang berbagi makanan ringan untuk menciptakan suasana kekeluargaan. Kegiatan ini juga dimanfaatkan sebagai momen edukasi tentang pentingnya sarapan sebelum memulai aktivitas belajar.
“Anak-anak sangat menantikan hari Jumat karena bisa bergerak bebas sambil bersenang-senang, kemudian makan bersama teman-teman. Ini juga momen yang bagus untuk mempererat hubungan guru dan siswa,” ungkap Sukmayanti, salah satu guru kelas.
Kegiatan ini mendapat apresiasi dari orang tua siswa yang mendukung penuh inisiatif sekolah dalam menjaga kebugaran dan membangun kebiasaan baik. Selain itu, keterlibatan semua unsur GTK dalam kegiatan ini menjadi contoh nyata kolaborasi positif di lingkungan pendidikan.
Dengan latar belakang pepohonan kelapa yang hijau dan udara segar khas Kepulauan Seribu, kegiatan senam dan sarapan bersama di MIN 17 tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga memperkuat nilai kebersamaan dan kedisiplinan di kalangan siswa. (j)