Berita

Meriahkan Hari Tani Nasional MAN 16 Jakarta Panen Sayuran Hidroponik

Selasa, 23 Oktober 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta ( Humas MAN 16 Jakarta)- Dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional siswa yang tergabung dalam pokja hidroponik bersama segenap guru melakukan panen raya  Kebun hidroponik. 

Adapun Jenis sayuran yang di panen adalah bayam, caisim kangkung dan pokcoy.

Siti marwiyah selaku guru pendamping pokja hidroponik mengatakan bahwa panen saat ini memang sudah di design bertepatan dengan hari tani nasional. Karena kita ingin mengenalkan  keberadaan petani kota MAN 16 Jakarta ini kepada warga sekitar.

“Kita atur saja masa tanamnya, kalau mau setiap minggu juga bisa ada yang dipanen. Cara dan teknologi bertanam sistem hidroponik sangat sederhana, mudah pula untuk dipahami oleh siswa, sehingga semuanya bisa dilakukan oleh siswa. Setiap orang yang sudah melihat sistem kerjanya pasti tertarik untuk mengembangkannya”. ujarnya.

Menurut Nugraha siswa kelas XII IPA 1, yang merupakan Ketua pokja hidroponik, mengatakan “Panen ini tercatat paling terbanyak hasilnya baik secara jumlah maupun varietasnya. Hal terpenting pada perawatan kebun hidroponik ini adalah menjaga tempat tanaman sayuran hidroponik agar selalu bersih, peralatan yang digunakan juga harus selalu dalam kondisi baik’.

Kepala MAN 16 Jakarta mengapresiasi penuh kerja tim hidroponik MAN 16 Jakarta terutama atas hasil pencapaian panen bertepatan dengan hari Tani Nasional ini.

“ Kedepan, realisasi  MAN 16 Jakarta punya sebuah program mewujudkan upaya ketahanan pangan bagi civitas MAN 16 jakarta dapat terwujud dengan kegiatan sarapan bersama dengan menu gizi seimbang yaitu menu olahan sayuran dari kebun hidroponik ini dan olahan minuman dari taman toga yang juga telah dikembangkan oleh siswa-siswa, bahkan besar kemungkinan untuk dikembangkan jiwa enterpreneur para siswa melalui penjualan hasil kebun ini”. imbuh Widi Prayogo.

Terkait