Berita

Mawardi : Maksimalkan Layanan KUA Untuk Masyarakat

blog

Jakarta (Humas Kemenag Kepulauan Seribu) --- Revitalisasi KUA merupakan penyegaran pelayanan dalam memaksimalkan layanan di KUA dengan memanfaatkan teknologi informasi. Sehingga kedepannya pelayanan KUA berbasis informasi teknologi.

“Kedepannya KUA akan memberikan pelayanan pada masyarakat lebih optimal, apalagi saat pandemi masyarakat sangat membutuhkan informasi terkait pelayanan di KUA,” ujar Kepala KanKemenag Kab Kepulauan Seribu, Mawardi. Jumat (24/06).

Dalam kesempatan ini, Mawardi menyampaikan tiga hal yang menjadi fokus Revitalisasi KUA, pertama, perbaikan Infrastruktur KUA yang meliputi, pertama perbaikan dukungan sarana dan prasarana, perbaikan tata kelola serta pengembangan jenis layanan dan bimbingan, peningkatan kapasitas SDM dan integritas sistem data dan informasi;

Kedua, perluasan cakupan layanan KUA yang meliputi, konsultasi keluarga, bimbingan perkawinan, bina paham keagamaan, pengukuran arah kiblat, penerbitan Akta Ikrar Wakaf, konsultasi hukum Islam dan lain sebagainya;

Dan ketiga, peningkatan kuantitas dan kualitas SDM KUA yang meliputi, bimbingan teknis bagi Penghulu maupun Penyuluh Agama Islam dan pelatihan pengoperasian berbasis IT.

“Diharapkan seluruh ASN KUA yang ada di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Kepulauan Seribu dapat meningkatkan kualitas SDM nya sesuai tuntutan zaman sekarang yang harus memahami IT,” pungkasnya.

Terkait