Berita

MAN 19 Jakarta Gelar Upacara Hari Guru Nasional Tahun 2018

Senin, 26 November 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 19 Jakarta) --- Senin (26/11) Madrasah Aliyah Negeri 19 Jakarta menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2018. Upacara dihadiri oleh seluruh siswa, para guru dan karyawan MAN 19 Jakarta. 

Mohammad Yasin dalam sambutannya membacakan pidato yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Tema Hari Guru Nasional tahun 2018 ini adalah “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad XXI.” Dipilihnya tema ini mengingat tantangan pendidikan di abad XXI semakin berat.

Hal ini meniscayakan peningkatan profesionalisme menyangkut sikap mental dan komitmen para guru untuk selalu meningkatkan kualitas agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Di akhir sambutannya, Kepala MAN 19 Jakarta menyatakan bahwa jasa guru tiada bandingannya. “Percayalah kerja keras Bapak dan Ibu guru adalah amal jariyah yang tak ada batasnya yang kelak akan mengalir pahalanya,” tambah Yasin.

Menurut Khairani, siswi kelas XII Agama 1, mengatakan bahwa hari guru adalah hari dimana guru disanjung atas ilmu yang telah diberikan. “Kalau tidak ada guru kita tidak mengenal tuhan.  Guru bukan di sekolah saja, tapi orang tua kita di rumah adalah guru juga.” Jelasnya.

Selepas upacara, pengurus OSIS dan MPK MAN 19 Jakarta mempersembahkan sebuah acara untuk memberikan penghargaan kepada para guru. Dimulai dari siswa kelas XI, dengan membawa spanduk dan balloon serta bunga mereka berjalan menuju lapangan menghampiri para guru yang duduk berjajar di depan lapangan. Disusul kelas X dan XII, mereka bersalaman, menyalami para guru sambil memanjatkan doa dan memberikan bunga mawar sebagai tanda terima kasih atas ilmu dan bimbingannya.

Selanjutnya acara ditutup dengan pembacaan doa setelah pembacaan puisi, pemberian quiz kepada para guru dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan kue.

 

 

 

 

Terkait