Berita

MAN 14 Jakarta Lestarikan Budaya 5S

Selasa, 28 November 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (MAN 14 Jakarta) --- Senyum manis, ucapan Assalamualaikum dan sapaan “Apa kabar?” siap menyambut kedatangan warga Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta setiap paginya. Kegiatan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap pagi hari dari Senin – Jum’at oleh pimpinan dan guru secara bergantian.

“Senyum, salam, sapa, sopan dan santun adalah hal yang mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat memberikan dampak yang menyenangkan tidak hanya bagi diri kita sebagai sendiri, melainkan juga bagi orang lain,” ujar Kepala MAN 14  Jakarta Rojali, Senin (27/11). Saat ini menurut Rojali, sifat individualisme yang tinggi dikalangan generasi muda, membuat madrasah yang dipimpinnya berinisiatif untuk terus melestarikan budaya 5S

“Budaya 5S merupakan budaya yang harus terus kita lestarikan,” kata Rojali.

Membiasakan diri untuk selalu senyum, salam, sapa, sopan dan santun ketika berinteraksi dengan orang lain adalah budaya yang positif. Senyum yang tersungging di bibir ketika pertama kali bertemu dapat menyejukkan hati. Salam yang terucap dengan tulus mampu mencairkan suasana apalagi dibarengi dengan jabat tangan. Sapaan ramah “Apa kabar?” membuat orang lain merasa diperhatikan.

Tindakan sopan ketika bertemu atau lewat di depan orang lain, ketika berbicara, maupun ketika berinteraksi dengan orang lain adalah sifat yang harus terus di pupuk. Sikap santun dalam bertindak dapat dimulai dengan tertib ketika bersalaman dengan guru, dengan cara gerak, tindakan dan ucapan yang sopan dan santun kita, akan membuat orang lain merasa dihargai dan dihormati.

“Kegiatan yang positif, memberikan kesan pertama yang mengagumkan. Ibarat rumah itulah halamannya, halaman yang tertata rapi dan indah. Keindahan itu ada dikegiatan 5S, kegiatan yang mantap dan harus dilanjutkan. Kegiatan ini juga bisa memberikan daya tarik tersendiri untuk MAN 14”, ujar M. Yasin guru MAN 14.

 

“Kegiatan ini mengajarkan tentang adab dan etika terhadap sesama bukan hanya dengan yang lebih tua juga dengan teman sebaya dan dengan yang lebih muda. Saya suka dengan kegiatan ini, senang rasanya ada yang menyambut kami di pagi hari dengan senyuman dan sapaan”, ujar Raihan siswa kelas XII IPS 2./Stw/ilm/ilm

  • Tags:  

Terkait