Berita

Lima Langkah Strategi Membangun Zona Integritas

Kamis, 13 Februari 2020
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) – Lima langkah strategi membangun zona integritas menjadi perhatian penting bagi Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat untuk meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) atau Wilayah Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada tahun 2020.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Fasilitasi Reformasi Birokrasi dan Pelaporan pada Biro Ortala Kemeng RI Kartika Damawanti saat memberikan arahan dalam Rapat Pendampingan Pilot Project Satker Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, Kamis (13/02).

“Lima langkah strategi dalam membangun zona integritas ini menjadi perhatian penting untuk mewujudkan harapan Menag terkait predikat WBK/WBBM yang harus diraih oleh Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat,” tuturnya.

Adapun lima langkah strategi dalam membangun zona integritas ini, Pertama, komitmen. Kartika menjelaskan bahwa Komitmen pimpinan dan semua pegawai dengan melibatkan bawahan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi dan menularkan semangat dan visi yang sama.

Kedua, kemudahan pelayanan, “Menyediakan fasilitas yang lebih baik dan semangat Hospitality untuk kepuasan publik,” tuturnya.

Ketiga, menciptakan program yang menyentuh masyarakat. Hal ini dapat membuat unit kerja dekat dengan masyarakat sehingga masyarakat pun dapat merasakan kehadiran unit kerja tersebut. Keempat, melakukan monitoring dan evaluasi.

Dan langkah strategi yang terakhir adalah dengan membuat manajemen media, “Menetapkan strategi komunikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap aktivitas dan inovasi perubahan yang telah dilakukan dapat diketahui oleh masyarakat,” ujar Kartika diakhir arahannya.

Terkait