Berita

Latih Jiwa Enterpreneur Siswa, MAN 16 Jakarta Gelar Market Day

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 16 Jakarta) --- Market Day merupakan upaya dari madrasah dalam mengembangkan jiwa enterpreneurship siswa, sekaligus salah satu kegiatan dari  program unggulan MAN 16 Jakarta yaitu SUER (Student Entrepreneur). Hal ini disampaikan Ahmad Sarpandadi selaku Kepala MAN 16 Jakarta pada kegiatan Market Day.

“Project bersama pada market day ini menjadi stimulus untuk seluruh siswa dalam penanaman pendidikan karakter yang harus dimiliki generasi muda di abad 21 ini yaitu 4C critical thinking, comunication skills, creativity dan collaborative," ujarnya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini dapat mencetak generasi yang memiliki mental wirausaha kuat serta dapat menjadikan kesempatan untuk menumbuhkan bakat wirausaha pada diri setiap anak.

Menurut fathin Intishar salah satu guru prakarya, Sebelum pelaksanaan market day siswa ditugaskan merancang dan mengajukan proposal stand penjualan kepada panitia. Diantaranya meliputi thema dan dekorasi stand,jenis barang yang akan dijual, perkiraan modal yang dibutuhkan,dan lainnya.

“Kemudian di akhir kegiatan, para siswa membuat laporan pertanggungjawaban hasil belanja mereka dan dikumpulkan bersama proposal dan laporan laba rugi ke panitia,” jelasnya.

Dalam pantauan humas terlihat berbagai produk yang di jual di beberapa stand tersebut terdiri dari jasa, aneka jenis makanan, minuman dan barang. Untuk jasa salah satunya menghadirkan Photo Both, sedangkan untuk produk yakni tas, bross, bucket coklat, dan sebagainya. 

Terkait