Berita

Koordinasi Penyusunan Rencana Strategis Kanwil Kementerian Agama Provinsi Tahun 2020-2024

Selasa, 1 September 2020
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) - Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Agama Ali Rokhmad didampingi Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab membuka kegiatan Koordinasi Penyusunan Rencana Strategis Kanwil Kementerian Agama Provinsi Tahun 2020-2024, Senin (31/08).

Kegiatan yang diagendakan sebagai finalisasi penyusunan Renstra Kanwil Kemenag Provinsi Tahun 2020-2024 ini juga diikuti oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur dan Kanwil Kemenag Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui aplikasi Zoom Meeting.

Ali mengatakan bahwa Renstra Kementerian Agama Tahun 2020-2024 merupakan penjabaran dari RPJMN Tahun 2020-2024 yang mengandung Visi dan Misi Presiden-Wakil Presiden serta Prioritas Nasional.

“Renstra Kemenag memuat visi, misi, tujuan, sasaran serta arah kebijakan dan strategi dalam rangka pelaksanaan pembangunan nasional khususnya pembangunan bidang agama dan pendidikan,” ujarnya.

Renstra Kementerian Agama menggambarkan secara jelas keterkaitan antara sasaran strategis, sasaran program, dan sasaran kegiatan, rincian IKSS, IKSP dan IKSK untuk meningkatkan mutu keluaran (output) dan hasil (outcome) guna mewujudkan akuntabilitas dan transparansi dalam pemanfaatan APBN.

“Renstra ini akan menjadi pedoman untuk seluruh Satker Kementerian Agama, serta harus digunakan sebagai pedoman dan rujukan arah pembangunan bidang agama dan pendidikan yang akan dicapai tahun 2020-2024,” tutur Ali.

Renstra ini merupakan dasar dan acuan bagi satuan kerja dalam menyusun rencana strategis, rencana kerja dan RKA-KL, serta rencana atau program pembangunan lintas sectoral.

Menurut Ali, untuk mencapai tujuan, sasaran dan target yang telah dirancang dalam Renstra ini maka diperlukan komitmen, kerja keras dan sinergi dari seluruh aparatur Kementerian Agama, "Mari berjuang bersama dalam penyusunan Renstra ini, agar kualitas kinerja Kementerian Agama terus meningkat dan berkualitas untuk umat," ujar Ali Rokhmad.

 

Terkait