Berita

Kita Bangun Kebersamaan Umat, Kanwil Kemenag DKI Adakan Ifthor Jama'I

Kamis, 16 Mei 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) --- Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta adakan Ifthor Jama'I (Buka Puasa Bersama) Tahun 1440H/2019M. Kegiatan ini mengusung tema, Kita Bangun Kebersamaan Umat.

Dalam sambutannya, Kakanwil menyampaikan kegiatan silaturahmi ini dapat memperkuat ukhuwah kaum muslim dilingkungan DKI Jakarta.

“ Terima kasih pada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini, serta kepada para tamu undangan yang telah meluangkan waktunya untuk hadir pada kegiatan ini,” ujarnya di aula Jayakarta. Kamis (16/05)

Kegiatan ini sekaligus memberikan santunan untuk Yatim, Dhuafa dan Muallaf dari Bazis ASN Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta.

K.H. Syukron Ma'mun dalam tausyiahnya menyampaikan tentang Kemuliaan Al-Quran. Awalnya mengenai kekuasaan Allah, dimana dari 12 bulan, Allah hanya pilih 1 bulan yang dimulaikan Allah, yaitu Bulan Ramadhan.

“Di bulan yang mulia, rajin - rajinlah membaca Al-Quran agar mengenal Al-Quran," ujar Pimpinan Pondok Pesantren Darul Rahman saat memberikan tausiyahnya.

Lanjutnya, terdapat mukjizat dalam Al-Quran yang ditinjau dari beberapa aspek, contohnya seperti aspek bahasa dan aspek isi. Dalam bahasanya, Al-Quran bukan puisi, bukan juga prosa.

"Irama bahasa yang ada di Al-Quran itu tidak bisa ditiru. Karna iramanya bukan dari sastrawan melainkan dari Allah," ujar K.H. Syukron

Menurut beliau, tidak ada kitab yang usianya dari puluhan bahkan ribuan tahun yang lalu namun masih diakui sebagai kitab yang memiliki bahasa yang indah selain Al-Quran. Beliau menegaskan bahwa 30 persen hingga 40 persen Bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Arab.

"Al-Quran mengajak kita umat muslim untuk berfikir dan bertindak dengan akal fikirannya," ujar K.H. Syukron. Ini membuktikan bahwa Al-Quran tidak hanya memiliki mukjizat dari aspek bahasanya saja, tetapi Al-Quran juga memiliki mukjizat dari aspek isinya.

Di dalam Al-Quran, beliau juga menjelaskan segala macam hal, tentang Iman, Ibadah, Ilmu Pengetahuan dan lain-lain yang menjadi pedoman hidup umat muslim.

Dan acara diakhiri dengan berbuka puasa bersama, shalat magrib berjamaah dan ramah tamah seluruh para ulama dan ormas islam serta para tamu undangan lainnya.

Turut dihadiri Anggota DPR RI Komisi E H.Achmad Fauzan Harun, SH, M.Kom, Para Mantan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Para Pengurus PPKA Provinsi DKI Jakarta,

Para Pejabat Esselon III & IV pada Kanwil & KanKemenag Kota/Kabupaten, Para Kepala KUA Kecamatan se DKI Jakarta, Para Kepala Madrasah Negeri se DKI Jakarta, Para Pimpinan Bank BRI & Mandiri,

Para Bapak/Ibu Pimpinan Ormas Islam/Lembaga Keagamaan, Ketua Pengurus Dharma Wanita Persatuan, Para JFU serta Para Tamu Undangan.

 

 

Terkait