Berita

Kakanwil : Penyusunan Kisi Kisi Sebagai Alat Ukur Anak Didik kita Untuk Menghasilkan Output Yang Baik

Senin, 4 Februari 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) --- Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab membuka kegiatan Penyusunan Kisi Kisi dan Naskah Soal Pendidikan Agama Islam Tingkat Menengah. Dengan mengusung tema, Kita Tingkatkan Kualitas Soal dan Penilaian Pembelajaran PAI di Provinsi DKI Jakarta Tahun 2018/2019.

Dalam sambutannya, Kakanwil mengingatkan agar kegiatan ini betul betul dikawal, khususnya di Bidang Pakis serta menjadi alat ukur pada anak didik kita. Sehingga menghasilkan output yang baik dan standar soal yang dapat menjadi alat ukur untuk tercapai pendidikan agama.

“Mari kita rumuskan bersama waktu yang efektif, kita diskusikan kalau membuat soal kisi – kisi, penelaahan soal, soal apa yang layak, yang bisa kita berikan kepada anak didik untuk pendidikan agama di tahun ini," ujarnya.

Saiful mengatakan bahwa Pendidikan agama itu bukan hanya sebatas qoniti dan bukan sebatas menguji kecerdasan. Tetapi  bagaimana pendidikan agama bisa men feedback kepada siswa, agar bisa merubah perilaku yang tidak baik menjadi baik.

Kakanwil juga memohon bahwa pembahasan soal ini sebagai alat ukur untuk mendorong kepada anak didik, agar bisa berubah perilaku dengan baik sehingga ujian adalah satu potret yang tidak bisa terpisahkan keberhasilan pendidikan. Tetapi sebagai pembuka sereminial untuk bisa menyelesaikan tahapan pembelajaran.

Turut dihadiri Kabid Pakis H. Wahyudin, Para Kasi Pakis pada Kanwil serta 25 peserta guru agama PAI. /S.79

Terkait