Berita

Kakanwil : Kerukunan Sebagai Roh Bangsa Yang Harus Dijaga Bersama Untuk Melahirkan Satu Kesepakatan

Kamis, 6 September 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Tarakan (Inmas) --- Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab hadiri Konferensi Nasional IV FKUB dan Rakornas FKUB. Kegiatan ini mengusung tema Kerukunan Umat Beragama Sebagai Pemersatu Bangsa yang dilaksanakan pada tanggal 06 September – 08 September 2018 di Kayan Hall Tarakan Plaza – Kalimantan Utara. Kamis (06/09).

Menurut Saiful Mujab bahwa kegiatan ini membawa hal yang positif dengan adanya deklarasi pengurus FKUB tingkat Provinsi dan asosiasi FKUB tingkat nasional.

“ Intinya pertama, seluruh umat beragama sepakat untuk menjaga kerukunan, baik ditingkat regional maupun nasional, kedua dalam menjalankan keyakinan masing - masing termasuk mensukseskan, mengamankan, menjalankan pada tahun depan 2019 pilpres dan pileg itu berjalan lancar dan saling menghormati,” ujarnya melalui sambungan telepon.

“ Dan ketiga, mengantisipasi terkait berita hoaks perlu untuk menjaga agar tidak menjadi persoalan dan saling kroscek kebenaran,” tambahnya.

Saiful Mujab menambahkan bahwa kegiatan ini perlu di aplikasikan tiap KUB tingkat Propinsi untuk mendorong tiap ormas atau elemen masyarakat menjaga kerukunan,  agar DKI Jakarta menjadi barometer pusat kerukunan Indonesia.

“ Tentunya harus lebih maju dalam menjaga kerukunan umat beragama dengan menjaga simbol keagamaan dan simbol yang lain dalam kehidupan beragama,” ujarnya.

Dengan adanya deklarasi bersama serta Konferensi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), ada beberapa harapan yang disampaikan Kakanwil untuk melahirkan kesepakatan bersama tokoh agama.

“Pertama, Kerukunan sebagai roh bangsa yang harus dijaga bersama untuk melahirkan satu kesepakatan, kedua para tokoh agama harus memberikan suri tauladan agar kehidupan beragama jangan terbawa oleh politik praktis,” ujar Kakanwil.

“ Dan ketiga, materi kerukunan umat beragama bisa menjadi rekomendasi pembelajaran generasi muda baik madrasah maupun sekolah umum,” lanjutnya.

“ Sehingga 3 pilar itu perlu dihidupkan,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Kasubbag Kerukunan Umat Beragama (KUB) Kanwil Kemenag DKI Jakarta Taufik, berharap agar terjadi pemeliharaan kerukunan umat beragama baik di Provinsi dan semua wilayah.

“ Serta Pemberdayaan KUB lebih diperdayakan oleh pemerintah,” harapnya melalui sambungan telepon. /fh/

  • Tags:  

Terkait