Berita

Kakanwil : Di Tahun Politik ini, Mari kita Jaga Komitmen Keagamaan Dan Kebangsaan

Kamis, 22 November 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas) – Dalam rangka menjelang pemilihan Presiden dan legislatif di tahun 2019 yang hanya tinggal empat bulan kedepan, Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta melalui Kasubbag KUB melaksanakan kegiatan Dialog Keagamaan.

Kegiatan ini mengusung tema, Dengan Dialog Keagamaan Kita Tingkatkan kualitas Kerukunan Kehidupan Umat Beragama Di DKI Jakarta Dan Kita Sukseskan Pilpres Dan Pileg Yang Rukun dan Damai

Kepala Kanwil Kementerian Agama Privinsi DKI Jakarta H. Saiful Mujab berharap dengan dialog dalam rangka menyikapi nuansa kekinian di Ibukota Jakarta ini. Apalagi kita memasuki tahun politik.

" Sehingga dengan dialog keagamaan ini dapat menghasilkan rumusan rumusan bangimana kita menyikapi kehidupan umat beragama khususnya di DKI Jakarta," harap Saiful

Disadari atau tidak bahwa memang kondisi saat ini kita sebagai tokoh agama tentunya perlu berpikir, berhati – hati, berlapang dada dan mencermati keadaan yang begitu dinamis perkembangan baik perkembngan sosial, perkembangan keagamaan maupun yang lain.

" Semoga dialog ini bisa menghasilkan rumusan, bisa menjadi gaet kita bersama didalam menjaga kerukunan di Ibu Kota JaKarta," ujarnya.

" Kerukunan umat beragama adalah wujud kebersamaan kita , karena saya yakin sampai saat ini merasa nyaman, merasa enak, kita bisa bertegur sapa dan seterusnya karena kita saling menghargai dan kita saling menjaga kerukunan agama," lanjutnya.

Jadi, kerukunan agama adalah pilar ruh didalam menjalankan umat beragama, pemerintah menetapkan ada beberapa kerukunan, kerukunan intern, kerukunan atar umat beragama dan kerukunan antar pemerintah.

Kakanwil juga mengingatkan bahwa saat ini kita berada di era informasi, saya yakin kita semua memegang alur informasi itu, informasi yang terus berkembang melalui media sosial, melalui media cetak, media televisi dan seterusnya ini luar biasa, bahkan ada yang disebut berita yang disebut hoaks.

" Semua ini akan nyaman, semua ini akan terkendali bila seluruh tokoh agama merasa memiliki dan tabayaun," pesan Saiful

Dan Kakanwil meminta kepada peserta  dialog untuk Komitmen keagamaan dan kebangsaan merupakan tanggung jawab kita untuk menjaga kerukunan beragama.

" Mari kita jaga dua hal terkait komitmen keagamaan dan komitmen kebangsaan dari tingkat tertinggi sampai tingkat dasar agar, bangsa Indonesia ini tetap menjadi Bangsa yang damai, Bangsa yang nyaman bagi kehidupan umat beragama karena Indonesia lah menjadi laboratorium kerukunan," terangnya.

Turut dihadiri Para Pembimas, Kasubbag KUB Taufik, Para Kasubbag Kota/ kab, Perwakilan Kesbangpol, perwakilan Biro Dikmental, Pengurus FKUB DKI.


Terkait