Berita

Kakankemenag: Manasik Haji RA Upaya Penanaman Dasar Keimanan dan Ketaqwaan Sejak Usia Dini

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas Jakut) --- Dalam rangka merealisasikan program kerja pada Semester I Tahun 2018, IGRA Kota Jakarta Utara menggelar Manasik Haji bagi Peserta didik Raudhatul Athfal (RA). Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Jakarta Utara A. Rasyid H Usman di Asrama Haji Pondok Gede tersebut dikuti sebanyak 4.747 Peserta didik Raudhatul Athfal dari lima Kecamatan se-Jakarta Utara. (06-07/11).

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari. Di hari pertama, manasik diikuti oleh para Peserta didik dari Kecamatan Pademangan, Penjaringan dan Koja. Dan di hari keduanya diikuti oleh Siswa Peserta didik dari Kecamatan Tg. Priok dan Cilincing.

Kegiatan tersebut bertujuan menanamkan dasar-dasar keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta memberi pengenalan pelaksanaan rukun Islam yang ke-lima kepada peserta didik Raudhatul Athfal. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kemenag Kota Jakarta Utara sesaat sebelum kegiatan itu dimulai.

Menurutnya, Manasik Haji ini sejatinya dapat melatih Peserta didik RA untuk membiasakan praktek ibadah haji sejak usia dini. “Agar mereka terbiasa dan memahami tata cara pelaksanaan ibadah haji,” ujarnya.

Ditambahkan Rasyid, kegiatan manasik haji yang dilaksanakan oleh IGRA ini dapat terus ditingkatkan untuk menumbuh kembangkan kecintaan Peserta didik terhadap ajaran agama Islam paling buncit ini. “Hal terpenting adalah mengupayakan agar mereka memahami kaifiyyah haji. Untuk mewujudkan hal itu harus terus di dorong oleh Guru dan orang tua masing-masing,” tandas dia

Kepala Kankemenag pun berharap agar IGRA sebagai salah satu kepanjangan tangan dari Kementerian Agama dapat terus menerus meningkatkan kiprahnya di masyarakat. Sebab, diakui Rasyid, Kementerian Agama tentu tidak akan mampu menjangkau banyaknya RA di Jakarta Utara secara langsung tanpa dibantu oleh IGRA./Z/N

Terkait