Berita

Kader Hydrop16 Beri Workshop dan Pelatihan Hidroponik bagi Siswa dan Guru MTsN 6 Jakarta

Selasa, 23 Oktober 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 16 Jakarta) --- Kader hydrop16 diundang sebagai narasumber pada workshop dan pelatihan hidroponik MTsN 6 Jakarta yang dilaksanakan Senin, 24 Oktober 2018. Pelatihan tersebut dihadiri oleh 25 Siswa serta beberapa guru dan karyawan MtsN 6 Jakarta.

Siti Marwiyah guru Biologi MAN 16, salah satu narasumber workshop  mengatakan “Kami mendampingi pihak MtsN 6 untuk bersama-sama untuk bisa membudidayakan bertanam dengan menggunakan sistem hidroponik”.

“Ada empat hal utama yang kita lakukan dalam workshop ini yaitu membuat unit instalasinya, menentukan lokasi penempatan unit lalu memberikan pengetahuan dasar dan aplikatif tentang hidroponik serta praktek mulai dari penyemaian bibit hingga penempatan tanaman pada unit instalasi yang sudah dibuat”. Lanjutnya.

“Ketika menyemai bibit yang paling mudah dengan menggunakan media sekam bakar ataupun rockwool. Jangan Lupa setelah bibit disemai,kita harus rajin untuk menempatkannya di tempat yang terkena sinar matahari dan mengecek kelembapan media”. Ujar Rizky Wahyu, kader hydrop16 saat menemani peserta dalam praktek penyemaian bibit.

Menurut Ade salah seorang siswa MTsN 6 yang juga merupakan salah satu peserta workshop dengan penuh semangat merasa sangat tertari dengan workshop in.

“Sangat bagus ya, bisa memanfaatkan lahan kosong dan barang-barang bekas untuk penanaman hidroponik ini. Cara merawat tanamannya pun mudah, kita tidak perlu menyiramnya karna air nutrisi mengalir dengan bantuan mesin pompa.” Menurutnya.

Suningsih, salah satu peserta workshop yang juga guru IPA MTsN 6 ini mengaku dari dulu pihaknya ingin sekali mengembangkan tanaman hidroponik ini, bahkan sudah menempatkan spot khusus untuk penempatan unit instalasinya.

“Saat ini MTsN 6 akan mengikuti penilaian sekolah sehat, pengembangan hidroponik, taman toga menjadi salah satu fokus utama untuk dikembangkan di madrasah ini guna terwujudnya lingkungan madrasah yang bersih, hijau dan sehat”. Harapnya.

Terkait