Berita

Ka. Kakemenag : Rencanakan Perkawinan dengan Matang melalui Bimwin Pra Nikah

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Inmas Jak Bar) --- Kepala KanKemenag Kota Jakarta Barat Sofi’I hadiri Kegiatan Bimbingan perkawinan (Bimwim) Pra Nikah di KUA Kecamatan Kembangan. Selasa (02/10).

Dalam sambutannya, Sofi’I menyampaikan bimbingan perkawinan ini dimaksudkan untuk mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah, warahmah.

"Melalui bimbingan perkawinan ini, nantinya akan diberikan berbagai macam bekal untuk persiapan pernikahan nantinya. Misalnya, tentang kesehatan yang akan diberikan oleh narasumber dari Puskesmas terus akan diberikan kiat kiat menuju rumah tangga yang sesuai dengan pondasi keluarga sakinah," ujarnya.

Sofi’I berharap agar peserta Bimwim dapat mengikuti dengan serius, karena sebagai bekal untuk menuju rumah tangga yang sakinah.

Mengenai keabsahan perkawinan berkaitan dengan hak dan kewajiban suami istri, Sofi’I menambahkan agar pernikahan tercatat di KUA. Agar mempunyai bukti pernikahan berupa buku nikah.

“ Jika anak – anak mau membuat akte kelahiran, pasti yang ditanyakan buku nikah,” ujar Sofi'i dihadapan 30 pasang calon pengantin.

Salah satu fasilitator Bimwim Pra Nikah Engkos Kusaeri mengatakan, bahwa pernikahan bukan hanya sekedar hidup berumah tangga saja, namun lebih dari itu, yaitu adanya perjanjian yang kuat ‘mitsaaqon gholiizhon’ dan itu tidak boleh dilepas begitu saja.

"Positif, jelas dan sangat banyak ilmu yang kami terima, termasuk motivasi yang berikan narasumber sangat bermanfaat buat kami. Saya sudah siap lahir bathin untuk menikah," ujar salah satu peserta Auwal Mubaliq dan Siti Robiatul Adawiyah.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala KUA Kembangan Sunardi dan Fasilitator kegiatan Engkos Kusaeri. /Joel.

Terkait