Berita
Penentuan 1 Syawal

Hilal Tidak Terlihat, Penentuan 1 Syawal Berdasarkan Sidang Isbat Kemenag RI

Selasa, 9 April 2024
blog

Jakarta (Humas Kemenag DKI) --- Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta menjadi salah satu titik lokasi Rukyatul Hilal dalam penetapan 1 Syawal 1445 H. Menurut Tim Hisab Rukyat Kanwil Kemenag DKI Jakarta bahwa hisab Ephemiris Ijtima pada hari Selasa 9 April pada pukul 01:23:46 WIB.

 

“Sedangkan matahari terbenam pada pukul 17:54 WIB dengan Azimuth 277” 47’ 06” (UTSB),” ujar Syarif Hidayat saat memberikan keterangan pada awak media, Selasa (09/04).

 

Berdasarkan data, bahwa terbenamnya bulan pada pukul 18:22 WIB dengan Azimuth 283” 30’ 15” (UTSB).

 

“Sehingga jarak busur (Sudut Elongasi) matahari – bulan sekitar 9 derajat 48’ 50,” jelasnya.

 

 

Syarif juga menyatakan bahwa seluruh tim hisab rukyat tidak melihat hilal, tetapi hasil pengamatan menyatakan berhasil tanpa melihat hilal.

 

“Dan hasil rukyatul hilal ini tetap akan dilaporkan ke Sidang Isbat Kemenag RI. Dan saya yakin bahwa dari titik lain akan terlihat hilal,” jelasnya.

 

Sekedar informasi, terdapat empat titik pemantauan hilal yang tersebar di DKI Jakarta, yaitu Gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Masjid Hasyim Asyari Cengkareng, Pondok Pesantren Hidayatullah Kembangan dan Pulau Tidung Kepulauan Seribu.

 

Adapun menurut kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura) dianggap memenuhi syarat apabila ketinggian bulan diatas horizon tidak kurang dari 3 derajat dan jarak lengkung bulan – matahari (sudut elongasi) tidak kurang dari 6,4 derajat.

Terkait