Berita

Hadapi UNBK, MTs N 17 Jakarta Adakan Pelatihan Pembuatan Soal Online Bagi Pengampu Mapel UN

Selasa, 31 Oktober 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTsN 17) ---  Persiapan untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun pelajaran 2017/2018 mulai dilakukan. Salah satunya, adalah pelatihan pembuatan soal online bagi guru pengampu mata pelajaran Ujian Nasional (UN) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 17 Jakarta.

 

Pelatihan pembuatan soal online ini dibimbing langsung oleh Wakil Kepala Bidang Kurikulum MTs N 17 Jakarta, Achmad Jubaedi. “Tujuan pelatihan ini untuk memberikan pemahaman terlebih dahulu kepada guru tentang pembuatan soal berbasis online,” tutur Jubaedi usai memberikan pelatihan, Senin (30/10).

 

Menurut Jubaedi, sebagai tahap  pertama pelatihan diberikan kepada guru mata pelajaran UN (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematik, dan IPA). “Tahap berikutnya nanti akan diberikan kepada guru mata pelajaran di luar UN,” tambah Waka Bidang Kurikulum ini.

 

Pada pelatihan pembuatan soal yang  tersebut, semua guru mata pelajaran UN dilatih untuk merasakan berada di posisi sebagai siswa yang sedang mengerjakan soal secara online. Mulai dari menghidupkan laptop, membuka soal, sampai mengoperasikannya hingga selesai.

 

Dengan belajar membuat soal online, menurut Jubaedi para guru setidaknya ada tiga kemudahan yang dapat dirasakan oleh guru. Pertama, pembuatan soal secara online dapat memudahkan guru untuk menyimpan dokumen soal. Kedua, memudahkan dalam pengoreksian. Serta kemudahan ketiga, hasil ulangan atau ujuan langsung bisa diketahui. “Saya berharap para guru dapat memanfaatkan teknologi ini dan segera mempraktekkannya,” harap Jubaedi.

 

Selanjutnya, untuk mempersiapkan siswa menghadapi Ujian Berbasis Komputer (UBK)  dan agar siswa membiasakan diri berhadapan dengan soal online, sekolah mengagendakan pelaksanaan ulangan harian dan try out menggunakan soal berbasis online./IW/ilm/ilm

 

 

  • Tags:  

Terkait