Berita

Habibah Apresiasi Karya Literasi Hairunisah

Jumat, 15 September 2023
blog

Jakarta (Humas) – Ketua Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Nanung Habibah mengapresiasi karya literasi menulis yang digagas oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 18 Jakarta, Hairunisah.

 

Dalam moment Hari Anak Nasional 23 Juli 2023 kemarin, Nissa sapaanya berhasil menerbitkan 10 buku bersama dengan tokoh penulis, Penasihat DWP Kemenag RI Eny Yaqut Cholil Qoumas, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar, Ketua KPAI, Deputi Gubernur Bidang Budaya, Komisioner KPAI, dan penulis terpilih lainnya.

 

“Literasi merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas karakter, kompetensi dan kesejahteraan hidup seseorang,” ujar Habibah.

 

“Semoga semangat literasi membaca dan menulis ini meningkat, dan menghasilkan banyak karya yang bermanfaat,” harapnya.

 

Hasil survei Programme for International Student Assessment  (PISA) 2018 menempatkan Indonesia di urutan ke-74. Minat baca masyarakat Indonesia ini terbilang masih rendah. Hal ini menjadi perhatian serius bagi Nisa.

 

Nisa yang juga sebagai Ketua Komunitas Gemar Menulis yang telah mendapatkan legalitas dari Kemenkumham dan notaris ini juga mengajak Guru dan Tenaga Kependidikan serta generasi muda untuk menulis sesuai dengan keahliannya di bidang masing-masing.

 
Dalam Kurikulum Merdeka terdapat enam kemampuan literasi dasar yang harus dikuasai oleh siswa dan menjadi tuntutan kompetensi. Enam literasi dasar tersebut adalah Literasi Baca Tulis, Literasi Numerasi, Literasi Sains, Literasi Digital, Literasi Finansial, serta Literasi Budaya dan Kewargaan. 

 

Nissa mengatakan keenam literasi ini harus dikuasai oleh GTK agar dapat secara langsung mengajarkannya kepada siswa. Dan berharap meningkatnya minat Literasi menulis dan membaca di semuan kalangan secara nasional.

  • Tags:  

Terkait