Berita

Facebook Perluas Kompetensi Guru MAN 16 Melalui Literasi Digital

Selasa, 12 Februari 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 16 Jakarta) --- Kehadiran Yayasan Cinta Anak Bangsa sebagai wujud komitmen facebook  dalam Literasi Digital di lingkungan madrasah. Dengan mengusung tema “ Think Before You Share”. (08/02).

Menurut Wido Prayoga, Kepala MAN 16 mengatakan bahwa literasi digital merupakan sebuah keharusan bagi guru, juga para pengambil keputusan dan pembuat kebijakan dalam dunia pendidikan, karena siswa sekarang sudah berada di era digital.

“Satu hal yang tidak dapat dipungkiri yaitu guru harus memiliki kemampuan mengoptimalkan pengguaan teknologi digital serta alat komunikasi, untuk dapat memperoleh dan mengelola informasi yang seluas-luasnya," ujarnya dihadapan para tenaga pendidik.

" Dan diharapkan guru MAN 16 mampu mendampingi secara efektif siswa-siswi yang di didik," harapnya.

Sedangkan Citra Hasan selaku narasumber dari YCAB menyampaikan Selama dua jam kedepan, kami akan mengajak bapak dan ibu untuk fokus kepada bagaimana meningkatkan literasi digital guna membangun komunitas yang lebih bijak dalam beraktivitas di media sosial.

Terlihat Kegiatan ini berlangsung interaktif, sehingga membuat acara menjadi tidak membosankan. Selain diskusi, simulasi dan sharing juga mengisi acara ini selama kurang lebih dua jam.

Menurut Titik Muntiah terdapat 3 hal yang harus dipikirkan ketika seseorang mendapatkan konten informasi, yaitu mereka bisa menggunakan akal sehatnya, berpikir secara kritis terhadap konten tersebut dan mereka bisa menggunakan empatinya.

" Ketiga hal tersebut yang akan harus ditularkan kepada peserta didik agar terhindar jauh dari hoax," ujarnya  saat refleksi pembelajaran di akhir penutup kegiatan.

Di akhir acara terlihat Antusiasme guru dalam menggugah foto - foto dan kata - kata positif di media sosial dengan tagar#thinkBeforeYouShare.

Terkait