Berita

Dukung Program Nasional, Pelajar MAN 9 Ikuti Acara SimPel Day

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 9) --- Sebanyak 30 siswa-siswi MAN 9 ikuti acara Deklarasi Aksi Pelajar Indonesia Menabung, yang bertajuk SimPel (Simpanan Pelajar) Day, Kamis (2/5/2019), di Gedung Dhanapala Jakarta. 

"Kami mengundang siswa-siswi MAN 9 untuk hadir dalam kegiatan SimPel Day, dasarnya karena kedekatan psikologis, dari sisi syiar. Bank syariah lebih punya kedekatan dengan madrasah,” ujar Ilham, PIC BSM Pusat di acara SimPel Day. “Dari Laznas BSM Ummat merekomendasikan MAN 9, sebagai salah satu Sahabat Pelajar Indonesia (SPI), penerima manfaat beasiswa Laznas”, tambahnya.

Tujuan Simpanan Pelajar yaitu meningkatkan kerja sama dengan seluruh stakeholders terkait, meningkatkan kesadaran masyarakat, industri keuangan perbankan, dan Kementerian/Lembaga terkait untuk menanamkan budaya menabung sejak dini, mengakselerasi penambahan rekening khususnya dari segmen pelajar dalam rangka pencapaian target inklusi keuangan 75% pada tahun 2019, juga mendukung terwujudnya SimPel/SimPel iB menjadi program nasional.

“Dalam kegiatan ini ada deklarasi pelajar menabung, kompetisi berupa lomba, games, hiburan, dan doorprize,” tutur Adit, perwakilan Laznas BSM Umat yang mendampingi siswa-siswi MAN 9. “BSM memberikan fasilitas antar jemput, snack, makan siang, uang, dan pembukaan SimPel,” lanjut Adit.

Tema kegiatan SimPel Day yaitu “Mewujudkan Generasi Pelajar Cerdas dan Gemar Menabung”, dengan tagline “Aku Pelajar, Aku Generasi SimPel.

Kegiatan dihadiri oleh sekitar 1.500 peserta. Kemenko Perekonomian/Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Kementerian Komunikasi dan Informatika,  Lembaga Penjamin Simpanan, Bank Indonesia, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. DKI Jakarta, Pengurus Besar PGRI, 1.030 Pelajar dari perwakilan sekolah di wilayah Jakarta, Guru pendamping, dan Direksi Industri Perbankan (29 bank).

“Ada beberapa teman yang dapat doorprize. Ada yang dapat e-money senilai 250 ribu, kamera instax, tiket nonton cgv,” cerita Muthi’ah, salah seorang peserta dari MAN 9, penuh semangat. “Games-nya seperti yang biasa kita pakai di sekolah, Kahoot, untuk babak awal, kemudian dilanjutkan dengan games ranking 1,” Fifi, juga peserta dari MAN 9, menambahkan.

Imam Kurniawan, juga perwakilan dari MAN 9, bercerita, “Saya diwawancara kompas tv, tapi bukan live. Ditanya dari mana, sudah punya tabungan belum, terus kalo punya apa tujuan menabung.” “Saya bilang dari MAN  9 Jakarta, saya pribadi belum punya buku tabungan atas nama sendiri, kalau saya punya punya tabungan,  untuk biaya kuliah,  jaga-jaga sekiranya orangtua tidak ada biaya,” tutupnya dalam sesi wawancara dengan Humas MAN 9.

Kelanjutan dari Acara Simpel Day, yaitu pembukaan rekening pelajar secara masif di Indonesia. Semoga pelajar yang cerdas dan rajin menabung, dapat terwujud./tlsa

Terkait