Berita

Cetak Peneliti Muda, MAN 2 Jakarta Adakan Pelatihan Madrasah Young Researches (MYRES)

Senin, 16 Desember 2019
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 2 Jakarta) --- Madrasah Aliyah Negeri 2 Jakarta menggelar kegiatan pelatihan Madrasah Young Researches (MYRES), dengan mengusung tema “We`re the Next Scientist “. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 13 - 14 Desember 2019.

“Dengan adanya kegiatan ini kami berharap akan muncul peneliti muda yang mampu memunculkan inovasi yang kreatif di berbagai bidang, “ujar Wido Prayoga selaku Kepala MAN 2 Jakarta.

Dalam praktiknya, seluruh peserta yag berjumlah 57 peserta ini dikelompokkan menjadi tiga bidang penelitian, yakni Science, Sosial dan Humaniora serta bidang Keagamaan. Tiap kelompok yang terdiri dua peserta tersebut selanjutnya menentukan tema dan objek penelitian`

“Ada beberapa judul penelitian yang bagus. Ini bukti bahwa kita masih punya peluang untuk maju dalam KSM maupun MYRES tingkat nasional tahun depan,” ujar Munasprianto Ramli, PhD selaku narasumber acara ini.

Munas berharap DKI Jakarta dapat bersaing dengan peneliti muda dari berbagai daerah. Beliau juga memberikan kiat agar sebuah penelitian dapat lolos menjadi tiga besar dalam ajang kompetisi KTI.

“Selain inovasi, penelitian yang baik juga harus mempertimbangkan azas kebermanfaatan. Artinya, penelitian tersebut mampu membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat,” ujarnya.

Menurut salah satu peserta didik, Ghaitsa mengungkapkan kegiatan ini makin membuka wawasan seorang peneliti, ternyata harus peka terhadap keadaan sekitar dan menjadikannya sebuah masalah penelitian.

“Penelitian bidang science yang dilakukan mampu menembus ajang kompetisi tingkat nasional,” harapnya. (Yuyum Daryumi)

Terkait