Berita

Berkunjung ke Rumah Rakyat Rumah Kita

Kamis, 15 November 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 14 Jakarta) – Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta berkunjung ke gedung DPR RI, dalam kunjungan tersebut diikuti oleh 91 orang yang terdiri dari 5 guru pendamping dan 86 anggota Organisasi Intra Sekolah (OSIS) dan Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK), Rabu (14/11).

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) adalah salah satu lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan lembaga perwakilan rakyat. DPR terdiri atas anggota partai politik peserta pemilihan umum yang dipilih melalui pemilihan umum.

“Tujuan kami mengajak siswa berkunjung ke gedung DPR RI adalah agar siswa memiliki wawasan dan ilmu tentang legislatif, mengambil berbagai pelajaran serta pengalaman langsung dari salah satu anggota dewan”, ujar Musirin Wakil Kepala Bidang Kesiswaan.

“Dalam mengambil keputusan anggota Dewan mengutamakan musyawarah mufakat dan voting menjadi alternatif terakhir dalam mengambil keputusan, para siswa diminta untuk memfilter informasi yang beredar dimasyarakat dan pergunakan hak pilih dengan baik karena menjadi tanggung jawab kita”, ujar Dwi Astuti Wulandari anggota Komisi VIII DPR RI bidang Agama, Sosial dan Pemberdayaan Perempuan.

“Untuk menjadi anggota DPR RI ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu sehat jasmani dan rohani karena beban kerja anggota dewan yang berat, berpendidikan minimal SMA, berusia minimal 21 tahun dan berasal dari partai politik”, tambah Dwi Astuti Wulandari ketika menjawab pertanyaan siswa tentang syarat untuk menjadi anggota DPR RI.

Erna Agustina Humas Sekretaris Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI mengajak siswa MAN 14 untuk mengikuti Parlemen Remaja yang kegiatannya adalah belajar menjadi anggota DPR RI selama 5 hari seperti mengikuti rapat dan melakukan kunjungan kerja.

Jovan Shevhenko Muhammad ketua OSIS mengatakan, “Senang sekali kami bisa berkunjung ketempat ini, kami mendapat sambutan dan pelayanan yang baik, ternyata tempat ini tidak seperti anggapan kami selama ini”.

Melihat antusias siswa ketika bertanya dan berada ditempat ini, terselip doa kami semoga ada diantara kalian yang menjadi anggota DPR/MPR RI./stw

 

Terkait