Jakarta (Humas MIN 17 Kepulauan Seribu) – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 17 Kepulauan Seribu menggelar gladi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sebagai persiapan menghadapi pelaksanaan resmi. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas V dengan bimbingan penuh dari para guru serta dukungan pihak Kementerian Agama. Senin, (8/9/2025).
Kasie Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Seribu, Sutama, hadir langsung untuk meninjau jalannya gladi. Kehadiran beliau menjadi bentuk dukungan sekaligus memastikan seluruh sarana dan prasarana ujian berjalan lancar.
Kepala MIN 17 Kepulauan Seribu, Bahtiaroni, menjelaskan bahwa gladi ANBK ini bertujuan melatih kesiapan teknis siswa maupun perangkat komputer yang digunakan. "Kita ingin memastikan anak-anak terbiasa dengan sistem ujian berbasis komputer, sehingga saat pelaksanaan resmi nanti mereka lebih percaya diri," ungkapnya.
Selain itu, operator madrasah, Teguh Prasetiyo, turut berperan penting dalam memastikan kesiapan jaringan, perangkat, serta pendampingan teknis selama gladi berlangsung. Kehadiran operator di setiap sesi ujian menjadi faktor krusial agar siswa dapat mengakses soal dengan lancar.
Para siswa tampak antusias mengikuti gladi meskipun ini baru tahap simulasi. Mereka belajar beradaptasi dengan tampilan sistem ANBK, mulai dari cara login hingga menjawab soal-soal berbasis digital. Bagi sebagian siswa, pengalaman ini menjadi hal baru yang penuh tantangan sekaligus menambah wawasan.
Sutama dalam arahannya menekankan pentingnya kegiatan gladi ini sebagai bagian dari peningkatan mutu pendidikan madrasah. Menurutnya, ANBK bukan hanya mengukur kemampuan kognitif siswa, melainkan juga menjadi potret kualitas pendidikan di madrasah. "Kesiapan teknis harus sejalan dengan kesiapan mental siswa," ujarnya.
Dengan adanya gladi ini, MIN 17 Kepulauan Seribu optimis dapat menghadapi ANBK utama dengan baik. Dukungan penuh dari Kemenag, kepala madrasah, guru, hingga operator menjadi kunci sukses pelaksanaan ujian berbasis komputer yang semakin modern dan transparan. (j)