Artikel

(BEST PRACTICE) PEMBELAJARAN PRAKTIKUM IPA SECARA VIRTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PHET

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Pandemi Covid-19 menyisakan banyak kesan bagi banyak orang. Semua aspek merasakan dampaknya. Dunia pendidikan selalu berharap akan adanya perubahan pada proses pembelajaran. Pembelajaran daring menuntut kemasan yang sangat berbeda dibanding pembelajaran tatap muka. 

Resep apa yang harus disajikan agar para peserta didik tetap senang dan tidak bosan mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh. Dalam kondisi seperti ini guru mulai menggeliat untuk mencari formula pembelajaran yang menarik.

Hal yang sudah dipraktekkan oleh Wahyuni Budi Hastuti di sela-sela mengemban tugas sebagai wakil bidang kurikulum dengan tugas pokok sebagai  guru mata pelajaran IPA melakukan pembelajaran praktikum IPA secara virtual dengan menggunakan media PhET. Alhasil siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran dan mereka mengatakan sangat senang dengan pembelajaran yang dilakukan oleh Wahyuni Budi Hastuti. Mereka bilang Pembelajaran yang dijelaskan Bu Yuni jelas dan sangat mudah dan asik oleh semua murid”

Setelah selesai praktikum dan penyampaian materi, maka  evaluasi dilakukan menggunakan media Wordwall sebuah media untuk belajar sambil bermain karena ada ilustrasi gambar dan suara di dalamnya. Hasil evaluasi peserta didik menunjukkan angka yang menggembirakan. Wahyuni Budi Hastuti merasa bahwa apa yang sudah dilakukan dapat membuat peserta didik senang belajar. Berasa disiram air es di tengah teriknya panas. Bahagia rasanya bisa membuat siswa senang belajar.

Pengalaman yang sangat menarik dan memberikan kesan yang luar biasa ini dituangkan dalam tulisan Best Practice.

Best Practice merupakan laporan uraian hasil pengalaman nyata seorang guru dalam memecahkan masalah yang dijumpai sesuai dengan tujuan pembelajaran dan memiliki nilai kebermanfaatan baik secara langsung untuk guru itu sendiri atau tidak langsung misalnya bagi rekan sejawat.

Best practice juga berisi cara pembaharuan atau berinovasi untuk meningkatkan sebuah pembelajaran di lingkungan sekolah  bagi guru itu sendiri. Semoga kegiatan ini dapat lebih menambah semangat untuk memperbaiki proses pembelajaran jarak jauh dan dapat menginspirasi bagi rekan-rekan sejawat dalam menjalankan amanah.

Semoga keberkahan selalu berada di setiap langkah kita dalam menjalani ibadah untuk mengantar anak-anak masa depan. awh

Terkait