Berita
Wakaf Produktif

Wahana Transformasi Nazhir Melalui Inkubasi Wakaf Produktif

Kamis, 31 Agustus 2023
blog

Jakarta (Humas) ---- Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Waryono Abdul Ghafur melaunching hasil Program Inkubasi Wakaf Produktif di Wilayah Provinsi DKI Jakarta. Adapun Nazhir yang menerima program Inkubasi Wakaf produktif di wilayah DKI Jakarta, yakni Yayasan Nurani Bangsa (Jakarta Utara) dan Yayasan Annawier (Jakarta Barat).

 

Melalui program inkubasi wakaf produktif, Waryono merasa bersyukur program yang dikembangkan mulai dirasakan manfaatnya oleh umat. Beliau menambahkan, program ini sebagai wahana transformasi sumber daya nazhir menjadi sumber daya manusia yang mempunyai jiwa usaha yang kreatif, inovatif dan visioner.

 

“Alhamdulilah kita dapat meresmikan aula pernikahan yang dikelola oleh Yayasan Nurani Bangsa. Ini merupakan salah satu stimulus yang diberikan Kementerian Agama Tahun 2023,” ujarnya dihadapan para tamu undangan, Rabu (31/08).

 

Menurut Direktur, program inkubasi wakaf produktif telah bergulir sejak 2021, dimana sudah ada 46 nazhir Yayasan / badan hukum yang menerima program ini.

 

“Program ini merupakan tujuan kami agar tanah wakaf dapat lebih produktif dan bermanfaat untuk mauquf’alaih,” jelasnya.

 

Dalam kesempatan ini, KH Makmun mengucapkan terima kasih atas bantuan dan pembinaan dari Kementerian Agama melalui program inkubasi wakaf produktif.

 

“Alhamdulilah setelah menerima bantuan di bulan Mei 2023 kami langsung melakukan pengembangan usaha optik dan soto betawi serta memanfaatkan lantai satu masjid sebagai aula pernikahan,” ungkap salah satu Nazhir.

 

Sedangkan Kabid Penais Zawa Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta menyampaikan, bahwa sebanyak 7.665 objek wakaf di wilayah DKI Jakarta hampir 50 persennya telah bersertifikat. Dan telah melakukan MOU dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) DKI Jakarta terkait percepatan sertifikasi objek wakaf.

 

“Alhamdulilah, Yayasan nurani bangsa merupakan salah satu penerima manfaat dalam program inkubasi pengembangan wakaf produktif berupa penyewaan aula resepsi pernikahan,” imbuh Yunus Hasyim.

 

“Mudah – mudahan program ini berjalan dengan baik dan memberi manfaat terhadap masyarakat, khususnya di Kecamatan Tanjung Priok,” tambahnya.

Terkait