Berita

Trik Dan Strategi Masuk PTN, MAN 17 Jakarta Adakan Sharing and Caring Alumni

Kamis, 28 Januari 2021
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 17 Jakarta) --- Kepala Madrasah Aliyah Negeri 17 Jakarta, Ahmad Saifullah menyampaikan harapannya, bahwa salah satu keberhasilan lembaga adalah mengaktifkan potensi alumni yang telah berhasil masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Hal ini disampaikan saat kegiatan sharing dan caring yang diadakan oleh Alumni MAN 17 Jakarta secara virtual, Selasa (20/01).

“Sampaikan bagaimana mengatur strategi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dalam memilih jurusan, prodi dan universitas yang dipilih,” ujarnya pada 137 peserta didik kelas XII.

Dalam paparannya, Anisa Ulul Azmi salah satu Alumni 2013  menyampaikan, masuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dilihat dari potensi diri, carilah informasi PTN yang di inginkan dan pilihlah universitas dan jurusan yang sesuai dengan kemampuan diri.

“Jangan lupa berdoa dan mohon doa restu kepada orang tua,” jelas lulusan UNS jurusan geografi.

Sedangkan, Muhammad Aji Saputra dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menambahkan bahwa untuk masuk lewat prestasi non Akademik dibagi menjadi dua yaitu, prestasi di bidang olahraga dan seni.

“Pentingnya prestasi non akademik untuk masuk PTN perlu diperhatikan portfolio yang dimiliki, tingkat prestasi yang didapat, dan keterampilan. Keuntungannya sebagai nilai tambah dalam masuk SMPTN, memudahkan dalam pengajuan beasiswa juga,” terangnya.

Salah satu peserta didik mengucapkan terima kasih pada Para alumni yang telah mengadakan kegiatan ini, sehingga dapat menjadi gambaran siswa kelas XII untuk menjawab trik dan strategi masuk PTN, menentukan jurusan dan strategi yang untuk lolos PTN.

“Semoga saya dan teman – teman dapat masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, sesuai dengan cita – cita saya dan teman sekalian,” harapnya.

Terkait