Berita

Tingkatkan Mutu Pendidikan, MTsN 32 Jakarta Kunjungan Studi Banding ke SMP Labschool Kebayoran Baru Jakarta

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

JAKARTA (Humas MTsN 32 Jaksel) - Sebanyak 27 orang tenaga pendidik dan kependidikan serta perwakilan OSIS Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 32 Jakarta melakukan kunjungan studi banding ke SMP Labschool Kebayoran Baru Jakarta Selatan pada Selasa (6/11).

Kepala madrasah, Hj. Makiyah mengungkapkan terimakasih dan menjelaskan tujuan dari kegiatan kunjungan ini. "Kami ucapkan terimakasih kepada para pimpinan SMP Labschool Kebayoran yang telah berkenan menerima kunjungan kami. Kedatangan kami beserta rombongan bermaksud menjalin hubungan silaturahmi dan sekaligus ingin belajar dari kesuksesan SMP Labschool yang berhasil menempati posisi 2 terbaik hasil Ujian Nasional tingkat provinsi tahun 2017/2018." Ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, pihak SMP Labschool Kebayoran memaparkan profil sekolah dan program sekolah, serta prestasi yang dicapai baik berkaitan dengan kegiatan akademik maupun non-akademik.

Yulinda Asnita, wakil bidang akademik SMP Labschool Kebayoran mengatakan, "Sekolah kami menanamkan filosofi bahwa kami tidak berharap juara, tetapi kami punya kesungguhan. Buat kami juara hanya hadiah dari kesungguhan tersebut."

SMP Labschool Kebayoran memiliki jargon sebagai "sekolahnya para juara." Yulinda menjelaskan makna "juara" tidak sekedar berprestasi secara akademik maupun non-akademik, tetapi juga juara dari segala kebaikan, yakni memiliki sikap akhlak mulia dan budi pekerti."

"Selain itu, kami juga menanamkan karakter yang menjadi budaya kami dalam bekerja sebagai pendidik, yakni jujur, kompeten dan inspiratif." Tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, wakil bidang akademik ini juga memaparkan berbagai program unggulan baik yang berorientasi hasil UN maupun kejuaraan olimpiade tingkat nasional maupun internasional.

Sementara itu, Armat Masari selaku wakil bidang kesiswaan SMP Labschool Kebayoran menjelaskan,
"Pembinaan karakter 'juara' sudah ditanamkan sejak awal peserta didik duduk di bangku kelas VII. Hingga muncul keinginan juara datang dari diri sendiri." Tegasnya.

Berbagai kegiatan kesiswaan dengan maksud pembentukan karakter kerap dilakukan seperti program pembinaan mental dan spiritual (BIMENSI) yang bekerja sama dengan markas Marinir (KKO) Cilandak, pentas operet, native speaker (penutur bahasa asing), lari lintas juang, kultum siswa, tadarus, duha, salat berjamaah dan sebagainya.

Wakil kurikulum MTsN 32 Jakarta, Reza Hesti mengemukakan kesannya dari hasil kunjungan studi banding ke SMP Labschool Kebayoran ini. "Banyak inspirasi positif dari kunjungan ini sehingga diharapkan dapat memberikan efek samping positif untuk mewujudkan madrasah yang bermutu dan berdaya saing, baik di bidang akademik maupun non-akademik." Ungkapnya.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB diakhiri dengan kunjungan fasilitas sarana dan prasarana serta ditutup dengan penyerahan cinderamata pukul 12.30 WIB. /Yyt76

Terkait