Berita

TINGKATKAN KINERJA BANK SAMPAH MADRASAH, MTs N 34 KUNJUNGI RKBN PULO KAMBING

Selasa, 27 November 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTsN 34) --- Sejak dua tahun BSN Cabang Al-Istikomah MTs N 34 berdiri, antusias para siswa dan orang tua dalam menabung sampah sangatlah tinggi. Mereka selalu membawa sampah-sampah dirumahnya untuk disetorkan ke BSN sekolah.

Hal ini yang membuat para petugas BSN berusaha memaksimalkan program BSN di MTs N 34 Jakarta baik secara system pengelolaan dan kerja sama dengan BSN yang lain.

Guna meningkatkan kinerja dan pemahaman tentang pengelolaan BSN sekolah, MTs N 34 Jakarta mengunjungi  Rumah Kreatif Bersatu Nusantara (RKBN) Pulo Kambing di Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung Jakarta Timur.

Dalam kunjungan tersebut, RKBN Pulo Kambing menjelaskan program-program dari bank sampah mereka. Seperti memberikan penyuluhan-penyuluhan bagaimana mengelola Bank Sampah menjadi lebih optimal kepada sekolah, perusahaan ataupun warga sekitar; penyuluhan budidaya tanaman hidroponik dengan pemanfaatan pupuk organik; penyuluhan budidaya jamur dengan pemanfaatan limbah serbuk gergaji; penyuluhan pembuatan hasta karya dari limbah sampah; penyuluhan koperasi sampah, wisata edukasi dan tabungan “Nyimas” yaitu menabung sampah dibayar dengan emas.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Usup Sidik selaku Direktur BSN Cabang Al-Istikomah MTs N 34 mengatakan dengan kegiatan ini, kami mendapatkan ilmu baru, pencerahan baru dan motivasi tentang mengelola bank sampah secara optimal dan menyeluruh serta program-program apa saja yang bisa kita ciptakan di BSN sekolah kami sehingga kelak kita bisa mengikuti program-program yang ada di RKBN Pulo Kambing ini. awh

Terkait