Berita

Tingkatkan Ilmu Jurnalistik, JurnalGrafi MAN 9 Adakan Pelatihan Jurnalistik

blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 9 Jakarta) --- Pertengahan semester genap tahun pelajaran 2021/2022, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 9 Jakarta mengadakan Pelatihan Jurnalistik bagi peserta didik. Kegiatan ini digagas oleh Ekskul JurnalGrafi MAN 9 Jakarta, Sabtu (12/03).

Umu Arifah selaku pembina Ekskul JurnalGrafi mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan agar siswa/i MAN 9 Jakarta khususnya anggota Ekskul JurnalGrafi mampu beradaptasi terhadap era digital yang kini mewarnai kehidupan. Sehingga, para siswa perlu dibekali ilmu menulis yang baik.

"JunalGrafi ini adalah Ekskul yang menggabungkan Jurnalistik dan Fotografi," ujar Umu di lokasi acara.

Sedangkan Tinia selaku Wakil Kepala Bidang Humas MAN 9 Jakarta berharap, agar pelatihan ini siswa kedepannya mampu menulis dengan baik sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik. "Kita punya website sekolah. Saya berharap agar siswa mampu menulis dan mengisi website. Kalau bisa sehari satu karya," ujar Tinia.

Tinia menambahkan, selama ini konten website madrasah belum dimanfaatkan secara maksimal. Dan hanya beberapa guru yang mengisi dengan tulisan.

“Alangkah lebih baik nantinya website sekolah itu diisi dengan hasil karya siswa, jadi seperti mading online," harap Tinia.

Mayus menyampaikan terkait pengertian jurnalistik dan teknik menulis dengan menggunakan unsur 5W1H (what, who, why, when, where dan how).

"Pengertian jurnalistik bisa dibatasi secara singkat sebagai kegiatan penyiapan, penulisan, penyuntingan, dan penyampaian berita kepada khalayak melalui saluran media tertentu. Jurnalistik mencakup kegiatan dari peliputan sampai kepada penyebarannya kepada masyarakat," ujar alumni MAN 9 Jakarta.

Terkait