Berita

SOSIALISASI KANKER

Selasa, 16 Januari 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Yayasan Lembaga Kanker Indonesia secara gencar melakukan sosialisasi kanker disetiap instansi, termasuk MTs Negeri 2 Jakarta hari ini mendapatkan giliran untuk melaksanakan sosialisasi. Pesertanya seluruh guru dan karyawan yang hadir, berjumlah 32 orang. Tidak membedakan Pria atau wanita, karena kanker tidak hanya menyerang kaum wanita tetapi kaum pria juga dapat terserang kanker.

Jenis kanker yang sering dialami kaum wanita diantaranya kanker payudara ditandai dengan adanya benjolan disekitar area payudara, muncul bintik-bintik dan rasa gatal. Kaum pria juga punya potensi untuk mengalami kanker payudara. Serviks juga merupakan jenis kanker yang kerap dialami kaum wanita. Kanker serviks biasanya dialami oleh wanita yang sering berganti pasangan, menikah dini, dan tidak menjaga kebersihan wilayah intimnya.

Kanker Prostat potensi besar diderita oleh pria berkulit hitam dan gelap, aktifitas yang terlalu banyak duduk, terlalu banyak mengangkat beban berat. Gejalanya sering buang air kecil; di malam hari, anyang anyangan, air seni bercampur darah.

Untuk mencegahnya dapat kita lakukan dengan melakukan pola makan yang sehat dan teratur, konsumsi makanan yang berserat tinggi, hindari makanan yang berlemak tinggi, hindari makanan yang megandung karsinogen/pengawet dan hindari makanan yang berlemak tinggi.

Konsumsi tumbuhan yang mengandung RIP seperti sirsak, brokoli, jengkol, keladi tikus dengan bunga dan tunasnya, kecombrang, kunyit putih, temu putih. 

  • Tags:  

Terkait