Berita

Sosialisasi Gerakan SPAK (Saya Perempuan Anti Korupsi!) di Kementerian Agama

Senin, 16 April 2018
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta [inmasJP] – Kepala Kankemenag Kota Jakarta Pusat, Drs. H. Wahyudin, M.Pd memimpin apel pagi, Senin (16/04) dengan arahan terkait Sosialisasi Gerakan SPAK (Saya Perempuan Anti Korupsi!). Gerakan Nasional SPAK yang dicanangkan Pimpinan KPK dan Menko Bidang PMK sejak 21 April 2014 ini telah memasuki tahun keempat.

 

“Bulan depan Pak Kanwil akan mendampingi Ibu Kanwil mensosialisasikan SPAK,” ujar mantan Kepala Bidang Penmad ini. Sosialisasi Gerakan SPAK ini digelar pengurus DWP Kanwil Kemenag DKI Jakarta sebagai salah satu rangkaian kegiatan pembinaan ASN di lingkungan Kemenag DKI Jakarta. Gerakan yang semula menyasar kaum perempuan ini sekarang berupaya ditularkan pada kaum laki-laki dalam upaya pencegahan korupsi.

 

Gerakan SPAK menempatkan perempuan sebagai tokoh sentral pencegahan korupsi, baik sebagai ibu, istri maupun perannya dalam organisasi wanita atau peran sebagai pekerja profesional. Karena sesungguhnya perempuan memberi andil sangat besar terhadap arah perkembangan suami, anak-anak dan laki-laki disekitarnya.

 

Selaras dengan kesiapan Menteri Agama dan jajarannya dalam mendorong Gerakan SPAK di kalangan ASN Kementerian Agama, kala bertemu dengan penggiat Gerakan SPAK dari AIPJ2 (Australia Indonesia Partnership for Justice) pada 20 Maret lalu.

 

AIPJ2 adalah kemitraan antara pemerintah Australia dan Indonesia untuk memperkuat institusi peradilan dan keamanan Indonesia, serta berkontribusi terhadap stabilitas dan kemakmuran Indonesia dan kawasan. AIPJ2 ini memulai kegiatan pada April 2017 dan akan berjalan selama lima tahun ke depan.

 

Selain itu, Gerakan SPAK pun telah menuai penghargaan ACE Award (Anti-Corruption Excellence Award) pada Desember 2017 lalu untuk kategori Anti-Corruption Youth and Engagement dari PBB.     

 

Dalam mensosialisasikan gerakan SPAK, penggunaan alat bantu permaianan bertujuan agar peserta lebih mampu menangkap pesan anti korupsi. Adapun jenis permainan dimaksud diantaranya SEMAI (Sembilan Nilai Anti Korupsi), MAJO (Lima Jodoh), PUT-PUT LK (Putar-putar Lawan Korupsi), TARTA, dan ARISAN.   /j15

  • Tags:  

Terkait