Berita

Siapkan Masuk PTN, MAN 17 Jakarta Adakan Pertemuan Dengan Orang Tua Siswa

Selasa, 28 Januari 2020
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MAN 17 Jakarta) --- Kepala Madrasah Aliyah Negeri 17 Jakarta berharap semoga tahun ini peserta didik MAN 17 lebih banyak yang lolos masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Hal ini disampaikan saat pertemuan dengan 51 orang tua murid untuk mempersiapkan masuk PTN.

“Tujuan pertemuan ini untuk mempersiapkan 51 siswa yang lolos dari 40 persen jumlah kelas XII (126 siswa,red),” jelasnya di Masjid Miftahul Ilmi (27/01).

Menurutnya terdapat lima jalur undangan yang bisa daftar yaitu, melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) , PMDK-PN, SNMPN dan Ujian Seleksi Masuk IPB (USMI).

“Dan Alhamdulillah, 41 Alumni tahun 2019 telah masuk PTN lewat jalur undangan,” imbuhnya dengan bangga.

Sedangkan Sri Wahyuningsih mengungkapkan bahwa peserta didik yang tersaring untuk mengikuti PTN jalur undangan diawali dengan penginputan PDSS (Pangkalan Data Siswa Sekolah), nilai yang diambil berdasarkan dari nilai raport semester satu sampai lima, ditambah nilai mata pelajaran ujian Nasional (UN) yang sudah diatur oleh penerimaan.

“Kami melakukan penginputan nilai dengan hati-hati dan valid,” ujar Waka Kurikulum saat ditemui.

Menurut guru BK, pertemuan ini selain untuk mempersiapkan pendaftaran PTN lewat jalur undangan, juga dilakukan pembuatan komitmen antara sekolah dengan orang tua untuk memberikan dukungan penuh kepada peserta didik yang mau melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri.

“Berikan kebebasan peserta didik untuk memilih jika dinyatakan lolos pada PTN Jakarta atau daerah,” harap Aliyatur Romlah.

Selaku orang tua siswa, Wiwi mengucapkan terima kasih pada MAN 17 Jakarta yang telah mengadakan pertemuan untuk mempersiapkan masuk PTN, sehingga menjadi mengerti bagaimana untuk daftar dan masuk PTN.

“Saya berharap, semoga anak saya bisa lolos masuk ke PTN tahun ini,” harapnya. /Humas MAN 17 Jakarta.

Terkait