Berita

Semarak Suara Demokrasi di Expo P5RA MAN 14 Jakarta

Selasa, 17 September 2024
blog

P5RA MAN 14 Jakarta Timur

Jakarta (Humas MAN 14 Jakarta) – Suara Demokrasi merupakan tema P5RA pertama tahun pelajaran 2024 – 2025 di Madrasah Aliyah Negeri 14 Jakarta. Expo atau pameran P5RA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin) berlangsung pada Jum’at (13/9/2024).

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih selama dua bulan ini memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai diantaranya meningkatkan wawasan dan pengetahuan siswa tentang konsep demokrasi serta mengaplikasikan prinsip demokrasi dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mencapai tujuan itu maka siswa dibekali berbagai pengetahuan tentang konsep demokrasi, prinsip-prinsip demokrasi dan cara berdemokrasi yang baik sesuai dengan aturan yang berlaku di masyarakat.

Kegiatan yang melibatkan siswa kelas X dan XI ini didampingi oleh 2 orang koordinator dan 22 fasilitator di Kampus A demikian juga di Kampus B dengan 2 orang koordinator serta 22 fasilitator.

Model pembelajaran berbasis projek, berbasis masalah, tutor sebaya dan pemodelan dengan metode diskusi, tanya jawab, dan bermain peran adalah model pembelajaran yang diterapkan pada kegiatan P5RA ini.

Pada aksi nyata para siswa melakukan kegiatan simulasi dan bermain peran dalam pemilihan calon ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). Tahapan pemilihan ketua OSIS dimulai dari pemilihan calon ketua OSIS yang dipilih dari peserta didik kelas X dan XI yang mempunyai kecakapan dan jiwa kepemimpinan.

Para calon ketua OSIS menyampaikan visi, misi dan menjelaskan program kerja yang akan dilakukan melalui kampanye calon ketua OSIS secara langsung dan melalui video kampanye. Tahapan pemungutan dan perhitungan suara dilakukan secara langsung di sekolah pada Jum’at (13/9/2024) dengan pasangan terpilih Naufal Althaf Firdaus dan Rahma Rizqina.

Pada saat expo selain kegiatan pemungutan dan perhitungan suara juga dilaksanakan kegiatan pameran menampilkan hasil kegiatan P5RA mereka sejak kegiatan pertama hingga akhir tentang bagaimana peran anak muda dalam demokrasi. Semua kegiatan ini terlaksana atas kerjasama yang baik dari semua pihak terutama para koordinator dan fasilitator yang telah membimbing siswa mengembangkan potensi yang dimiliki.

Semangat dan antusias siswa cukup baik karena mereka merasa hasil karyanya mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari para pengunjung.

Naufal Althaf Firdaus mengatakan, “Melalui kegiatan P5RA tema suara demokrasi ini kami mendapatkan banyak pelajaran baru tentang demokrasi, berlatih cara menyampaikan pendapat, berbicara didepan forum, berpikir kritis, menyelesaikan masalah dengan baik dan bekerja sama dalam tim”.

Sejalan dengan itu Usman Ali selaku kepala MAN 14 Jakarta mengatakan “Kegiatan pemilihan ketua OSIS diharapkan bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik."

“Melalui kegiatan ini para siswa memiliki pemahaman tentang demokrasi, cara berdemokrasi yang baik dan dapat menerapkan prinsip-prinsip demokrasi dalam keseharian mereka”, tambahnya./stw

Terkait