Berita

Rintis Juara OSN, MTs N 16 Adakan Tes Kemampuan Matematika Nalar Realistik

Kamis, 26 Oktober 2017
blog

Illustrasi Foto (Kemenag RI DKI Jakarta)

Jakarta (Humas MTsN 16) --- Madrasah Tsanawiyah Negeri 16 Jakarta bekerja sama dengan Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Cabang DKI Jakarta mengadakan Tes Pemetaan Kemampuan Matematika Nalar Realistik (MNR), Rabu (25/10). Kegiatan yang dilakukan setelah pembiasaan tadarus pagi diikuti oleh seluruh peserta didik di MTs Negeri 16 Jakarta, mulai dari kelas 7, 8 dan 9.

Matematika Nalar Realistik adalah pendekatan kompetensi   matematika  yang mengungkap masalah nyata yang digunakan untuk menghantarkan siswa mengkostruksi sendiri pengetahuannya untuk menemukan pengetahuan baru. “Tes ini merupakan usaha untuk merintis juara pada Olimpiade Science Nasional (OSN),” tutur Kepala MTs N 16, Faizah.

Ketua pelaksana kegiatan, Iis Ukhiawati mengungkapkan bahwa bagi madrasah, tes yang dilakukan merupakan pemetaan kemampuan matematika. “Sehingga guru matematika dapat melakukan treatmen pembinaan dan pengayaan bagi siswa yang memiliki kemampuan lebih dibidang nalar matematika,” jelas Iis.

Tes Kemampuan MNR ini dilakukan dengan biaya seikhlasnya yang diberikan melalui kotak amal yang dikelola langsung oleh  Klinik Matematika Realistik (KMR).  Soal maupun evaluasi juga dikelola langsung oleh KMR. Evaluasi  dimaksudkan sebagai babak uji soal MNR yang ke-13 bagi sekolah atau madrasah  yang mengikutsertakan dalam lomba bina KMR. Sehingga melalui tes ini dapat diketahui siswa yang berbakat dan berpotensi unggul dibidang matematika nalar realistik.

Ketika ditanya tentang tindak lanjut dari tes ini, Waka Humas dan sekaligus guru IPA menuturkan bahwa siswa akan dilakukan pembinaan rutin melalui eskul Matematika Club. Siswa tersebut diberikan bimbingan  secara berkelanjutan. “Agar pada saat lomba Matematika dan OSN kelak siswa MTsN 16 ini memiliki kesiapan yang lebih baik, dibandingkan siswa pada umumnya,” ujarnya. /humas/ilm/ilm

 

 

  • Tags:  

Terkait